nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Balik, 200 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

Wijayakusuma, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 07:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 09 338 2064631 arus-balik-200-ribu-kendaraan-sudah-kembali-ke-jakarta-PLTCxVBhTK.jpg Situasi lalu lintas saat arus balik Lebaran di Tol Cikampek arah Jakarta terpantau macet, Sabtu (8/6/2019) malam.

BEKASI – Sebanyak sekira 200 ribu kendaraan sudah kembali ke Ibu Kota pada arus balik Lebaran 2019. Sebelumnya, pada arus balik Lebaran, ada sekira 600 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Edi Pramono, jumlah 200 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta itu merupakan data per H+3 Lebaran. Dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, jumlah tersebut meningkat 7%.

"Ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 7 persen, dengan jumlah kendaraan sebanyak 200 ribu," kata Gatot saat memantau arus balik mudik Lebaran 2019 di salah satu posko pengamanan di Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Sabtu (8/6/2019) malam.

Ia memprediksi, akan ada peningkatan kendaraan arus balik pada hari ini. Untuk mengurangi dampak kemacetan, pihaknya bersama Polres Metro Bekasi serta pihak Jasa Marga telah memberlakukan sistem satu arah sejak kemarin pagi mulai dari KM 70 Cikampek Utama sampai dengan KM 29 Cikarang Utama.

"One way sudah diberlakukan sejak pukul 08.30 WIB. Sampai saat ini arus lalin di tol mengarah ke Jakarta masih terbilang ramai lancar," ujarnya.

Arus balik di Tol Cikampek arah Jakarta macet. (Foto : Wijayakusuma/Okezone)

Sementara untuk jalur tol menuju Cikampek, dialihkan petugas ke GT Cikarang Barat melalui jalur arteri Pantura. Petugas juga menutup tiga pintu gerbang tol lainnya untuk menghindari penumpukan kendaraan.

"Ada tiga pintu tol yang ditutup, yaitu pintu tol Cibatu, Cikarang Pusat dan Cikarang Barat," ucap Gatot.


Baca Juga : Urai Kemacetan, Polisi Berlakukan One Way dari KM 439 Ungaran hingga KM 29 Cikarang Utama

Dari pantauan Okezone, arus balik pada jalur one way Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jakarta, sejak pukul 22.30 WIB mulai dipadati kendaraan. Arus lalu lintas terpantau padat merayap dan diperkirakan semakin meningkat pada Minggu (9/6/2019).


Baca Juga : Arus Balik Mudik, One Way Tol Cikampek Diberlakukan hingga Cikarang Barat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini