nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Pulau Onrust: Benteng Pertahanan hingga Lokasi Karantina Haji

Selasa 11 Juni 2019 08:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 338 2065165 sejarah-pulau-onrust-benteng-pertahanan-hingga-lokasi-karantina-haji-eCbukI3VFN.jpg Pulau Onrust. (Foto: gadogado-blackorchid.blogspot)

JAKARTA – Pulau Onrust merupakan sebuah wilayah kecil yang terletak di perairan Teluk Jakarta, Kabupaten Kepulauan Seribu. Onrust berdekatan dengan tiga pulau lain, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir (Kahyangan), dan Pulau Sakit (Bidadari).

Mengutip dari buku Ensiklopedia Jakarta, Selasa (11/6/2019), Pulau Onrust dan sekitarnya pada 1619 ketika Belanda berkuasa dijadikan sebagai pos pertahanan terdepan untuk melindungi Kota Batavia (Jakarta). Benteng pertahanan di Pulau Onrust hancur pada 1800 akibat serangan pasukan Inggris.

(Baca juga: Sejarah Jatinegara Mester: Tokoh Guru Agama hingga Tanah Luas Penuh Pohon Jati)

Pulau Onrus sempat dibangun kembali pada 1840 sebagai pangkalan angkatan laut, tapi pada 1883 hancur akibat terjangan gelombang pasang dampak meletusnya Gunung Rakata atau Krakatau.

Pulau Onrust. (Foto: Tourism World Travel)

Setelah seperempat abad telantar, akhirnya pada 1911, Pulau Onrust dan sekitarnya kembali dibangun. Kali ini fungsinya berbeda jauh dari semula yakni sebagai lokasi karantina jamaah calon haji.

(Baca juga: Sejarah Masjid "Si Pitung" Al-Alam Marunda)

Pulau Onrust dan sekitarnya yang memilik banyak sejarah telah mendapat perhatian sangat besar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Terbukti dengan keluarnya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor Cb.II/2/16/1972.

Surat tersebut menyatakan Pulau Onrust dan sekitarnya sebagai pulau bersejarah serta cagar budaya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini