nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal IMB di Pulau Reklamasi, Pemprov DKI Diminta Segera Terbitkan Perda Zonasi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 15:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 16 338 2067040 soal-imb-di-pulau-relamasi-pemrpov-dki-diminta-segera-terbitkan-perda-zonasi-y23fCUL4m8.jpg Reklamasi di Teluk Jakarta (dok. Okezone)

JAKARTA - Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Pantas Nainggolan meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan agar mempercepat penerbitan Perda Zonasi dan Tata Ruang sebelum menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di pulau reklamasi.

"Pemprov harus mempercepat menerbitkan perda zonasi sama tata ruang," katanya kepada Okezone, Minggu (16/6/2019).

Menurut Pantas, perda tersebut untuk melindungi kepastian hukum para investor dan pengusaha yang menggunakan IMB di Pulau Reklamasi.

"Jadi sekarang yang perlu diperhatikan bagaimana ada kepastian hukum. Baik itu terhadap investor maupun pengusaha," tuturnya.

Anies saat menyegel bangunan di Pulau Reklamasi

(Baca Juga: Ini Penjelasan Anies soal IMB di Pulau Reklamasi)

Pantas juga meminta Anies agar senantiasa melakukan koordinasi dengan pemenrintah pusat mengenai yang dilakukannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi lagi perbedaan pandangan terkait reklamasi di Teluk Jakarta.

"Ini realitanya kayak gitu. Hanya yang jadi masalah karena kemarin hanya ada sikap inkosistensi dari Pak Anies (menolak reklamasi). Jadi inkosisten itu diperbaiki supaya tidak terulang lagi di kemudian hari, jadi satu hal saya sarankan pemprov itu selalu koordinasi dengan pemerintah pusat supaya tidak terjadi adanya perbedaan pandangan pemprov dan pemerintah pusat," kata Pantas.

Anies sebelumnya telag menyatakan, reklamasi dan pemanfaatan lahan hasil reklamasi adalah dua hal yang berbeda. Reklamasi adalah kegiatan membangun daratan di atas perairan sebagai pembuatan lahan baru. Sedangkan IMB menurutnya bukan soal reklamasi jalan atau berhenti, tapi adalah soal izin pemanfaatan lahan hasil reklamasi dengan cara mendirikan bangunan.

"Dikeluarkan atau tidak IMB, kegiatan reklamasi telah dihentikan. Jadi, IMB dan Reklamasi adalah dua hal yang berbeda," ujar Anies.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini