nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD DKI Jakarta Desak Anies untuk Segera Bahas Raperda Reklamasi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 10:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 21 338 2069077 dprd-dki-jakarta-desak-anies-untuk-segera-bahas-raperda-reklamasi-UgWtvPd3aH.jpg Anies Baswedan (Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga mendesak Gubernur Anies Baswedan untuk segera membahas Raperda soal Pulau Reklamasi bersama dengan parlemen Kebon Sirih. Hal itu untuk mengatur tata ruang di kawasan tersebut.

Seperti diketahui, Anies menerbitkan 932 IMB di Pulau Reklamasi. Hal itu mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, D, dan E Hasil Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara.

 Baca juga: Dituding Ahok Persulit Izin Reklamasi, Taufik: Ngawur

"Dasar dia bikin IMB apa? Apa pergub itu alas hukum jadi IMB. Itu dipertanyakan kepada dia," kata Pandapotan saat dihubungi, Jumat (21/6/2019).

 Anies Baswedan (Okezone)

Menurut dia, seharusnya Anies segera mengakukan Raperda ke DPRD agar seluruh pembangunan atau aktivitas di Pulau Reklamasi ada dasar hukumnya. Ia menyayangkan sikap Anies yang menerbitkan 932 IMB hanya mengacu kepada Pergub nomor 206 Tahun 2016.

 Baca juga: Ahok: Dulu IMB di Pulau Reklamasi Tak Bisa Diterbitkan karena Disandera Taufik CS

"Mulai kapan itu masuk wilayah daratan? Pulau ya pulau sendiri ada tata ruangnya. Ini juga jadi polemik karena dia menerbitkan bahasa-bahasa yang dia mau," katanya.

Sebagai informasi, Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta (DPMPTSP) DKI Jakarta telah menerbitkan IMB untuk 932 bangunan yang terdiri dari 409 rumah mewah dan 212 kantor di lahan reklamasi Pulau C dan D kepada pengembang PT Kapuk Naga Indah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini