nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Anies Sebut Reklamasi Bukan Pulau tapi Pantai

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 18:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 23 338 2069915 gubernur-anies-sebut-reklamasi-bukan-pulau-tapi-pantai-Ijsbp8EEVP.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal reklamasi yang belakangang menuai pro kontra di masyarakat saat menghadiri acara halal bihalal bersama Caleg Gerindra DKI. Anies menegaskan bahwa reklamasi adalah pantai bukan pulau.

"Dari reklamasi saja, disebutnya pulau reklamasi. Tidak ada pulau, yang disebut Pulau itu adalah daratan yang terbentuk proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau," ucap Anies di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Ia pun menyontohkan sejumlah pantai di Jakarta yakni Pantai Indah Kapuk, Pantai Mutiara, dan Pantai Ancol yang merupakan pantai hasil reklamasi.

"Coba, kita terlanjur menyebutnya pulau, ini hal sederhanakan. Kalau kita tidak punya pemahaman yang benar, nanti terjebak-jebak tuh di doorstop, diskusi," ungkapnya.

Ilustrasi penyegelan bangunan di Pulau Reklamasi

Baca Juga: Soal IMB di Pulai Reklamasi, Walhi: Anies Punya Pilihan untuk Tidak Melanjutkan

"Karena penataannya justru pada RDTR (Rencana Detil Tata Ruang), karena dia adalah darat. Jenis reklamasi 3, pantai yang tersambungkan dengan daratan, ada jembatannya. Kemudian ada juga pantai saja, langsung tidak pakai jembatan. Lalu ada pantai terlepas, bebas tanpa sambungan," sambungnya.

Ia pun meminta agara para Caleg Gerindra yang hadir bisa memahami hal tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan diskusi.

"Jadi kalau ditanya, kawasan ini sebenarnya bagian dari pulau apa? Kawasan C, D, itu bagian dari pulau apa? Pulau Jawa. Kita harus yakin menjawab itu adalah bagian dari pulau Jawa. Bahwa kita jaga wilayah ini menjadi bagian wilayah Indonesia yang kedaulatannya kita jaga, tidak kita serahkan pada siapa-siapa," kata Anies.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini