nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPAI Prihatin Anak-Anak Dilibatkan dalam Aksi Massa Kawal Sidang Putusan di MK

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 27 338 2071423 kpai-prihatin-anak-anak-dilibatkan-dalam-aksi-massa-kawal-sidang-putusan-di-mk-JQRm6Y8zbO.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Sejumlah anak dilibatkan dalam aksi massa bertajuk Halalbihalal dan Tahlil Akbar 266 untuk mengawal hasil sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar di sekitaran kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Mengenai keterlibatan anak-anak dalam kegiatan yang digelar sehari jelang sidang putusan MK terkait Pilpres 2019, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti menyayangkannya.

"KPAI menyampaikan keprihatinan atas pelibatan anak-anak dalam aksi di sekitar MK pada Rabu 26 Juni 2019," ujar Retno kepada Okezone, Rabu (26/6/2019).

(Baca Juga: Puluhan Peserta Tahlil Akbar 266 di Bawah Umur: 'Kami Ingin Imam Besar Habib Rizieq Pulang')

Disisi lain, Retno juga bisa memprediksi kalau salah satu alasan orangtua mengajak anaknya untuk turun ke jalan dan mengikuti aksi massa dikarenakan tidak ada orang yang menjaga jikalau ditinggalkan.

Kendati demikian, ia menegaskan kalau melibatkan anak-anak di dalam sebuah aksi massa akan membuat anak-anak tersebut tidak merasa nyaman, bahkan bisa berdampak yang membahayakan.

Aksi  Massa di MK

"Akan tetapi, membawa anak-anak dalam aksi dan diudara yang sangat terik tentu saja berpotensi menimbulkan ketidaknyaman dan kelelahan bagi anak. Selain itu "kerumunan massa" seperti aksi bisa berpotensi rusuh dan hal tersebut akan sangat membahayakan anak-anak," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, anak-anak yang terlibat dalam aksi di Patung Kuda tersebut membawa berbagai macam spanduk yang diantaranya adalah bergambarkan Habib Rizieq dan Bahar Bin Smith.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini