nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Beroperasi Puluhan Tahun, Gudang Miras Impor di Tangsel Akhirnya Disegel

Hambali, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 15:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 27 338 2071658 sudah-beroperasi-puluhan-tahun-gudang-miras-impor-di-tangsel-akhirnya-disegel-NITdUpUaml.jpg Petugas Gabungan Gerebek dan Segel Gudang Penyimpanan Miras Impor di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Sebuah gudang penyimpanan yang terletak di Komplek pergudangan Taman Tekno, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), digerebek petugas gabungan dari Satpol PP dan POM TNI. Rupanya, gudang itu dijadikan sebagai tempat penyimpanan ribuan botol minuman keras (miras) impor dari berbagai jenis.

Petugas Satpol PP yang dibantu personil POM TNI mendatangi lokasi gudang yang berada di Blok J1 Nomor 16, pada Kamis (27/6/2019) sekira pukul 08.30 WIB. Mereka langsung masuk memeriksa bagian dalam gudang yang hanya dijaga oleh sejumlah pekerja dan pengelola.

Baca Juga: Sembilan ABG Digerebek saat Tenggak Miras dan Hendak Pesta Seks 

Petugas Gabungan Gerebek dan Segel Gudang Penyimpanan Miras Impor di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

Saat Okezone menelusuri ke bagian dalam gudang, nampak terlihat tumpukan kardus yang berisi berbagai jenis botol miras. Panjang ruangan pertama, sekira 15-20 meter dengan lebar antara 5 hingga 7 meter. Sedangkan ruangan kedua yang terletak di bagian belakang, berukuran lebih kecil yakni hanya sekira 3x4 meter persegi.

Diduga dua ruangan pada gudang itu menyimpan sekira ribuan botol miras. Dari jenisnya, kebanyakan merupakan merek ternama dan minuman impor. Masing-masing merek ditumpuk pada satu titik dan dipisahkan dengan merek lainnya.

"Tangsel sudah tidak boleh ada peredaran, distribusi dan produksi minuman beralkohol. Hari ini kita lakukan penindakan supaya kita bisa menegakan Perda tersebut. Jenisnya kita belum lihat, tapi ini alkohol lebih dari 40 persen," terang Oki Rudianto, Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Perundang-undangan Satpol PP Tangsel di lokasi.

Petugas Gabungan Gerebek dan Segel Gudang Penyimpanan Miras Impor di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)	 

Belum diketahui jumlah rinci miras yang tersimpan dalam gudang. Namun diduga kuat, botol-botol minuman itu akan dipasok ke sejumlah lokasi hiburan malam baik yang berada di wilayah Tangsel, bahkan hingga Kota Tangerang - Kabupaten Tangerang.

"Beberapa bulan terakhir kita lakukan pemantauan, baru hari ini kita lakukan razia. Sepertinya dari luar (impor) semua, kita baru akan periksa. Karena izinnya itu yang kita cek untuk gudang makanan dan minuman," terang Oki.

Baca Juga: Suami Ini Tawarkan Istrinya Seharga Rp3 Juta untuk Bersetubuh

Saat digerebek, ada 3 pekerja yang berada di lokasi. Mereka tengah bersiap mengangkut kardus-kardus miras ke atas 3 unit mobil truk yang tersedia di parkiran gudang. Sedikit kegaduhan sempat terjadi, saat seseorang yang mengaku pemilik gudang memprotes penyegelan oleh petugas.

"Saya di sini sudah puluhan tahun. Jadi saya minta barang-barang ini jangan diangkut dulu, ini kita bahas lagi soal perizinannya di kantor bapak," ucap pria pemilik gudang yang enggan menyebut identitasnya kepada petugas Satpol PP.

Baca Juga: Pesta Miras 3 Malam Berturut-Turut, 2 Warga Tewas 

Petugas Gabungan Gerebek dan Segel Gudang Penyimpanan Miras Impor di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

Setelah terjadi dialog dengan petugas, akhirnya pria berkacamata yang mengaku sebagai pemilik gudang itu hanya bisa pasrah, lalu beranjak pergi menuju kantor Satpol PP di bilangan Setu, Tangsel. Meski begitu, petugas tetap menyegel gerbang masuk gudang dan membawa sebagian kecil barang bukti dari Miras tersebut.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Tangsel sejak tahun 2014 telah menerbitkan Perda bernomor 4/2014 tentang Penyelenggaraan Perizinan dan Pendaftaran Usaha Perindustrian dan Perdagangan.

Pada Pasal 122 ditegaskan, bahwa Pemkot tidak menerbitkan izin usaha Industri, izin impor, izin edar dan SIUP bagi pelaku usaha minuman beralkohol, serta melarang setiap orang atau badan memproduksi, mengedarkan, serta memperdagangkan minuman beralkohol.

Petugas Gabungan Gerebek dan Segel Gudang Penyimpanan Miras Impor di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini