nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penipuan Jual-Beli Motor, TNI Gadungan Ditangkap Polisi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 17:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 28 338 2072210 penipuan-jual-beli-motor-tni-gadungan-ditangkap-polisi-zc3x8pPTdQ.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Seorang pria berinisial KNP (37) ditangkap lantaran melakukan penipuan menggunakan aplikasi jual beli. Pelaku berpura-pura menjadi anggota TNI dan mencari orang yang menjual sepeda motor dengan aplikasi jual beli tersebut untuk dijadikan korban.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, setelah mendapat korbannya pelaku menyambangi rumah orang tersebut dan memetakan daerah sekitar.

"Tersangka ini cari tahu dulu jalan sekitar, supaya nanti kalau beraksi dia tahu harus melarikan diri melalui jalan yang mana," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Jumat (28/6/2019).

 penipuan

Pelaku kemudian menemui korbannya dengan mengenakan pakaian dinas TNI dan melakukan negosiasi. Setelah korbannya percaya pelaku mencoba kendaraan tersebut dan langsung dibawa kabur. Kepada polisi pelaku sudah enam melakukan penipuan tersebut di wilayah Jabodetabek.

"Salah satunya, Cengkareng, Roxy, Cilengsi dan beberapa lainnya," tuturnya.

Sayangnya, aksi pelaku harus terhenti setelah ditangkap pada awal Juni 2019. Belakangan diketahui seragam TNI sendiri didapat dengan cara membeli di koperasi di kawasan Cijantung, Jakarta Selatan.

"Yang bersangkutan dapat baju dari daerah Cijantung dari pria berinisial TMN," papar Argo.

Akibat perbuatannya, KNP dijerat dengan Pasal berlapis yakni Pasal 363 KUHP subsider Pasal 362 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini