nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polusi Asap Pembuatan Arang Batok di Krukut Depok Ganggu Pernapasan Warga

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 12:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 02 338 2073572 polusi-asap-pembuatan-arang-batok-di-krukut-depok-ganggu-pernafasan-warga-mpyta7V087.jpg Polusi Udara Akibat Asap Pembuatan Arang Batok di Samping Tol Desari, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat (foto: Ist)

DEPOK - Tempat produksi pembuatan arang batok yang dikeluhkan warga sekitar lantaran adanya polusi asap diduga dilakukan tanpa ijin dari Pemkot Depok atau Ilegal. Lokasi pembuatan arang batok tersebut berada di lahan kosong samping jalan Tol Desari jalan Rawajati RT 01/RW 01 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat.

"Jadi itu sepertinya memanfaatkan lahan kosong yang dekat pembangunan Tol Desari, Krukut sepertinya tidak ada izinnya bikin arang di situ karena itu lahan kosong," kata Iwan warga sekitar yang terpapar polusi kepada Okezone, Senin 1 Juli 2019.

Baca Juga: Warga Krukut Depok Keluhkan Polusi Asap Pembuatan Arang Batok 

Polusi Udara Akibat Asap Pembuatan Areng Batok di samping Jalan Tol Desari, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat (foto: Ist)

Dia mengaku, asap seringkali muncul pada waktu sore hingga malam hari, di mana warga sekitar tengah beraktifitas di halaman rumah. Terlebih di sekitar lokasi tersebut banyak anak-anak yang bisa terpapar polusi dan menyebabkan penyakit pada pernafasan

"Iya apalagi tetangga saya banyak anak-anak kecil, kan bahaya banget bisa bikin penyakit ISPA, selain itu warga juga terganggu saat menjemur pakaian, jadi baju-baju bersih yang lagi dijemur tuh pada bau asap jadinya, belum lagi asapnya tuh sampai masuk ke dalam rumah," imbunya.

Polusi asap yang disebabkan oleh pembuatan arang batok itu juga sudah ditegur oleh warga sekitar karena mengganggu masyarakat, parahnya lagi terdapat sebuah kolam renang di mana sejumlah anak-anak tengah berolahraga renang.

"Itu yang pada berenang juga suka terganggu, asapnya sampai masuk area kolam renang lho, yang punya kolam renang sudah pernah negur juga ke pembuat arang, tapi ya gitu deh, enggak berhasil juga," ucapnya.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Dianggap Terburuk di Asia Tenggara, Ini Faktanya 

Polusi Udara Akibat Asap Pembuatan Arang Batok di samping Jalan Tol Desari, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat (foto: Ist)

Sebelumnya, produksi pembuatan arang batok yang berada di area lahan kosong tepat disamping jalan Tol Desari jalan Rawajati RT 01/RW 01 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok Jawa Barat di keluhkan warga sekitar.

Pasalnya saat produksi arang batok, asap tebal yang dikeluarkan dari gentong-getong kerap kali masuk kedalam pemukiman warga sekitar dan hal tersebut dinilai sangat mengganggu pernapasan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini