Di Depok Pemilik Mobil Harus Punya Garasi, Sopir Taksi Online Menjerit

Wahyu Muntinanto, Okezone · Rabu 03 Juli 2019 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 03 338 2074145 di-depok-pemilik-mobil-harus-punya-garasi-sopir-taksi-online-menjerit-QKQAOIfUiC.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

DEPOK - Aturan di Kota Depok yang mengharuskan pemilik mobil memiliki garasi menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebab, kebijakan itu dinilai sebagian warga sangat memberatkan, terlebih kepemilikan mobil saat ini dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Aturan tersebut tertuang pada Rencana Peraturan Daerah (raperda) yang merupakan revisi Perda Nomor 2/2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan soal kepemilikan garasi bagi pemilik kendaraan roda empat.

Salah satu warga Depok, Mahameru (28) mengaku jika peraturan tersebut ditetapkan maka, akan menambah pengeluaran dalam kehidupanya. Sebab pria satu anak yang bekerja sebagai sopir taksi online.

"Saya beli mobil untuk pencarian pak, rumah ngontrak, saya bayar kredit mobil dan makan keluarga dari hasil narik ojek mobil. Kalau harus punya garasi, berarti saya harus sewa lahan dan itu nambah pengeluaran," ucapnya kepada wartawan, Kamis (3/7/2019).

Ilustrasi

Baca Juga: Siap-Siap, Beli Mobil Wajib Punya Garasi di Rumah

Baca Juga: Penjualan Mobil Diprediksi Turun Terkait Aturan Beli Mobil Wajib Miliki Garasi

Di sisi lain, Bagus (47) mengaku sangat setuju jika Perda kepemililan garasi bagi pemilik mobil itu diterapkan, sebab dia menilai bayak pemilil mobil yang parkir di sembarang tempat dan mengganggu penghuna jalan lain.

"Mobil parkir di pinggir jalan itu banyak mereka semaunya, padahal itu ganggu orang lain. Malah ada yang parkir di taman, itu kan ganggu orang yang bermain," tuturnya.

Sebelumnya, Kota Depok bakal ada ketentuan bagi warga yang ingin beli mobil harus menyertakan surat pernyataan memiliki garasi di rumah atau menyewa garasi.

Sehingga pemilik kendaraan tak bisa lagi seenaknya memarkirkan kendaraan di pinggir jalan karena mengganggu kenyamanan warga lain.

Ketentuan beli mobil harus punya garasi diatur dalam rancangan peraturan daerah (raperda) yang merupakan revisi Perda Nomor 2/2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.

Wakil Ketua DPRD Depok M Supariyono mengatakan, adanya peraturan itu membuat warga Depok harus bersiap-siap memiliki garasi mobil. “Menyertakan surat pernyataan memiliki garasi atau menyatakan surat menyewa garasi jika tidak punya garasi di rumah,” ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini