nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Godok Raperda Garasi Mobil, DPRD Depok Minta Study Banding

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 03 338 2074166 godok-raperda-garasi-mobil-dprd-depok-minta-study-banding-IqaGp63gGM.jpg Parkir liar menjamur di Depok (Foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Suparyono mengatakan rencana peraturan daerah (Raperda) yang merupakan revisi Perda Nomor 2/2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan soal kepemilikan garasi baru akan masuk dalam pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020.

Dia mengaku, Reperda tersebut masih dalam penggodokan dan baru disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok setelah melakukan konsultasi dengan berbagai pihak terkait dan perlu studi banding ke daerah lain.

"Pembahasannya nanti dilakukan tahun 2020 mulai dari pembahasan awal bersama Pemkot Depok, rapat konsultasi dengan berbagai pihak hingga studi banding ke daerah lain," kata Suparyono di DPRD Kota Depok, Rabu (3/7/2019).

Baca Juga: Di Depok Pemilik Mobil Harus Punya Garasi, Sopir Taksi Online Menjerit

Menurut Suparyono, baragam pertimbangan sehingga DPRD Kota Depok menerima usulan tersebut. Salah satunya penyalahgunaan Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum (Fasos-Fasum). Dirinya pun menilai ruang anak tidak bisa digangggu terlebih digunakan sebagai parkir kendaraan roda empat.

"Ini kan banyak keluhan di masyarakat, ada yang memarkirkan lendaraan di tempat umum itu jelas mengganggu. Ruang publik tidak bisa di ganggu," ungkapnya.

Sebelumnya, Kota Depok bakal ada ketentuan bagi warga yang ingin beli mobil harus menyertakan surat pernyataan memiliki garasi di rumah atau menyewa garasi.

Parkir Liar di Depok

Sehingga pemilik kendaraan tak bisa lagi seenaknya memarkirkan kendaraan di pinggir jalan karena mengganggu kenyamanan warga lain.

Ketentuan beli mobil harus punya garasi diatur dalam rancangan peraturan daerah (raperda) yang merupakan revisi Perda Nomor 2/2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.

Wakil Ketua DPRD Depok M Supariyono mengatakan, adanya peraturan itu membuat warga Depok harus bersiap-siap memiliki garasi mobil.

“Menyertakan surat pernyataan memiliki garasi atau menyatakan surat menyewa garasi jika tidak punya garasi di rumah,” ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini