nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Pelaku Curanmor Didor Polisi di Penjaringan

Antara, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 04 338 2074351 dua-pelaku-curanmor-didor-polisi-di-penjaringan-mAQRt7AyZv.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Aparat Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara menembak kaki dua spesialis pencuri sepeda motor (curanmor) yang sering beraksi di kawasan perumahan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Kapolsek Metro Penjaringan AKBP Rachmat Sumekar mengatakan, petugas terpaksa mengambil tindakan tegas untuk melumpuhkan kedua pelaku karena melakukan perlawanan saat ditangkap.

"Ada yang melawan, karena itu kita beri tembakan di kakinya," kata AKBP Rachmat di Mapolsek Metro Penjaringan seperti dikutip Antaranews, Rabu (4/7/2019).

Baca Juga: Pasutri di Surabaya Kompak Jadi Sindikat Curanmor, Sang Istri Sedang Hamil Besar!

Pelaku yang dihadiahi timah panas oleh petugas diketahui berinisial AF (24) dan GT (27) sedangkan dua orang lainnya adalah RH (40) dan JS (24).

Tersangka AF, GT dan JS berperan sebagai eksekutor yang mencari sasaran dan membobol kunci motor, sedangkan RH berperan sebagai penadah motor curian.

Ilustrasi

Rahmat mengatakan, para pelaku ini sering beraksi di wilayah perumahan di daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Para pelaku beraksi dengan menggunakan kunci letter T untuk membobol kunci motor yang terparkir tanpa pengawasan. "Para pelaku ini modusnya menggunakan kunci letter T, mereka kebanyakan mengincar motor yang terparkir di depan rumah," tutur Rachmat.

Polsek Metro Penjaringan yang menerima laporan kehilangan motor oleh warga kemudian menurunkan Unit Resmob yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Kompol Mustakim untuk memburu pelaku.

Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan sejumlah CCTV yang ada di sekitar lokasi pencurian polisi berhasil mengendus keberadaan bandit ranmor tersebut.

"Berdasarkan informasi yang didapat petugas, pelaku diketahui menjual barang curiannya di daerah Rawa Buaya. Petugas kemudian mendatangi lokasi tersebut dan berhasil menemukan para pelaku beserta penadahnya," ujar Rachmat.

Baca Juga: Serang Polisi Pakai Pisau, Maling Motor Tewas Ditembak

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku pencurian dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman penjara tujuh tahun. Sedangkan penadahnya dijerat dengan Pasal 480 KUHP tentang Pertolongan Jahat dengan ancaman lima tahun penjara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini