Share

Bocah 7 Tahun Berbobot 97 Kg Asal Karawang Dirujuk ke RSHS Bandung

Antara, · Jum'at 05 Juli 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 338 2074926 bocah-7-tahun-berbobot-97-kg-asal-karawang-dirujuk-ke-rshs-bandung-OSvAnNDhcs.jpg Satya Putra akan dirujuk ke RSHS Bandung. (Foto: Antaranews)

KARAWANG - Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah Karawang menganjurkan Satya Putra, bocah 7 tahun yang mengalami obesitas, dirujuk ke Rumah Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk mendapatkan perawatan intensif, sebagaimana diberitakan Antaranews.

"Anjuran dari tim dokter RSUD Karawang memang benar agar pasien obesitas itu dirujuk ke RSHS Bandung," kata Humas RSUD Karawang Ruhimin di Karawang, Jumat (5/7/2019).

Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berkas terkait rencana perujukan bocah dengan obesitas itu ke RSHS Bandung, mengingat biaya perawatan medisnya akan ditanggung oleh program jaminan kesehatan pemerintah.

Sarli (50) dan Komariah (40), orang tua Satya, setuju anaknya melanjutkan perawatan medis di RSHS Bandung. Namun mereka terlebih dulu harus membujuk Satya agar mau dibawa ke RSHS Bandung.

Baca juga: Sehari Makan 6 Kali Ditambah Bakso, Bocah Obesitas di Karawang Miliki Bobot hingga 97Kg

Satya, bocah asal Kampung Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, berat badannya 97 kilogram. Dalam sehari dia bisa makan sampai lima piring, dan kalau keinginannya untuk makan tidak dituruti dia biasa merengek atau marah.

Satya Putra. (Foto: Antara)

Sarli mengatakan, karena berat tubuhnya semakin membesar, Satia sulit untuk bergerak dan tidak bisa tidur terlentang. Karena itu saat tidur Satia harus dalam posisi duduk dan punggungnya diganjal oleh bantal.

"Setiap hari hanya bisa menonton televisi, karena dia tidak bisa bermain seperti anak sebayanya. Saya khawatir kalau dibiarkan tubuhnya tambah membesar. Untuk berobat tidak punya uang makanya saya menunggu bantuan dari pemerintah," ujar Sarli.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini