nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pencari Suaka di Kebon Sirih, Pemprov DKI Tunggu Instruksi UNHCR

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 10 338 2077222 soal-pencari-suaka-di-kebon-sirih-pemprov-dki-tunggu-instruksi-unhcr-S5X7Jf0jVp.jpg Sekda DKI, Saefullah (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah mengatakan, pihaknya menunggu instruksi dari United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR) dalam menindak keberadaan para pencari suaka yang tidur di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Saefullah menyebut, pihaknya sudah menyurati UNHCR agar segera mengeluarkan solusi terbaik terkait permasalahan tersebut.

"Nanti kalau memang UNHCR kesulitan dalam mencari tempat, ya UNHCR harus bikin surat ke Pemprov DKI, kan ini bukan persoalan sederhana," kata Saefullah di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (10/7/2019).

 Baca juga: Masjid JIC Siapkan Ruangan Tampung Ratusan Pencari Suaka di Kebon Sirih

Pencari Suaka di Kebon Sirih

Saefullah menuturkan, bila yang ada di sana merupakan warga Ibu Kota, maka pihaknya segera mengambil tindakan untuk menertibkan mereka.

"Ini bukan persoalan warga DKI. Kalau warga DKI, itu begitu kejadian juga kita respons. Kalau bencana, tiga jam langsung kita kasih makan dan dikasih tenda. Itu standart kita," katanya.

 Baca juga: Pencari Suaka yang Tidur di Trotoar Kebon Sirih Akan Direlokasi ke Jakarta Islamic Center

Menurut dia, yang berwenang dalam masalah ini merupakan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Nantinya, Kemenlu berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk membantu mencari lokasi.

"Jadi kita sedang menunggu ini, menunggu dari kementrian luar negeri sama UNHCR diskusinya seperti apa nanti apa yang Pemprov bisa lakukan, kita lakukan," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi bersama dengan Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri mengumumkan bahwa pencari suaka itu akan dipindahkan ke Jakarta Islamic Center. Namun, hingga kini para warga negara asing itu masih tetap berada di Jalan Kebon Sirih.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini