nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atraksi Silat hingga Lenong Ramaikan Lebaran Betawi Ke-12 di Monas

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 08:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 338 2080848 atraksi-silat-hingga-lenong-ramaikan-lebaran-betawi-di-monas-WENFpuKQf7.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Festival Lebaran Betawi edisi ke-12 kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Kegiatan tersebut digelar diselenggarakan mulai hari ini, Jumat (19/7/2019) hingga Minggu 21 Juli 2019 mendatang. Acara itu dihelat di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.

Ketua Panitia Lebaran Betawi ke-12, M. Rifqi mengatakan, tema yang diusung dalam Lebaran Betawi ke- 12 ialah 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'. Ia berharap dengan adanya kegiatan itu seluruh warga Ibu Kota bisa kembali bersatu.

"Lebaran Betawi merupakan spirit ajang silaturahmi dari pemerintah dengan warganya, dengan Masyarakat Betawi atau Bamus Betawi sebagai perekatnya," kata Rifqi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Lebaran Betawi ke-12 akan dimeriahkan beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi. Hari pertama akan diisi dengan Pembacaan Doa hingga Shohibul Hikayat yang dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB. Kemudian hari kedua akan dimulai pukul 08.00 WIB yang dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi.

"Nanti ada tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian betawi, atraksi silat betawi, gambang kromong, hingga lenong," ujar Wakil Ketua Umum I Bamus Betawi itu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengajak semua warga DKI Jakarta untuk turut mengambil bagian pada hajatan tersebut.

"Besok ayo kita pada datang ke Lebaran Betawi di Monas. Ada banyak kebudayaan Betawi yang kita suguhkan di sana," kata Saefullah.

Dengan adanya gelaran acara Lebaran Betawi itu, Saefullah berharap kebudayaan Betawi makin semakin mendapat tempat baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasioanal.

"Harapannya budaya Betawi semakin eksis. Walau zaman semakin maju, kita harus bangga dengan kebudayaan kita sendiri," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini