nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Minta Pengacara Tomy Winata Dipidana

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 16:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 19 338 2081064 ma-minta-pengacara-tomy-winata-dipidana-7FaUK1Hh6M.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) menyesalkan atas tindakan oknum pengacara Tomy Winata, Desrizal yang menyerang hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. MA mendukung Ketua PN Jakpus H. Sunarso untuk melaporkan oknum advokat tersebut ke aparat kepolisian.

"PN Jakarta Pusat perlu melaporkan kepada polisi untuk ditindak lanjuti," kata Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Andi menyampaikan, setiap orang yang berada di ruang sidang maupun pengunjung terlebih advokat harus menghormati majelis hakim yang tengah memegang pokok perkara.

Menurut dia, bila pengacara tak puas atas pertimbangan maupun putusan hakim, maka dapat melakukan upaya hukum.

"Siapapun harus hormat kepada hakim. Kalau memang tidak puas tentu ada upaya hukum," tegas Andi.

 Penganiayaan Hakim

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Suhadi menyatakan, hakim di seluruh Indonesia menyesalkan perbuatan Desrizal yang secara semena-mena memukul hakim Sunarso di ruang persidangan.

"IKAHI sangat menyesalkan tindakan oknum advokat terhadap hakim di PN Jakarta Pusat dan menuntut keras untuk diproses secara pidana," ucap Suhadi.

Ia menegaskan, perbuatan yang dilakukan Desrizal selain masuk ke ranah pidana juga merupakan bentuk pelanggaran kode etik advokat. Oknum pengacara TW itu juga dinilai telah melecehkan lembaga peradilan.

"Apapun yang melatarbelakangi pengacara tersebut, melucutkan ikat pinggangnya telah melecehkan badan peradilan," sesal Suhadi.

Suhadi mengimbau agar peristiwa ini tidak terulang kembali sehingga tidak ada lagi yang semena-mena terhadap hakim. IKAHI juga akan mengawal kasus tersebut.

"Mengawal terhadap proses hukum," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini