nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Kesehatan Masyarakat Desa, Tim Medis TMMD Datangi Langsung ke Rumah Warga

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 21:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 338 2081230 cek-kesehatan-masyarakat-desa-tim-medis-tmmd-datangi-langsung-ke-rumah-warga-Yu2Nkxp0vD.jpg Pengobatan Gratis dari TNI (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Tak hanya memberikan bantuan dengan memperbaiki jalan yang rusak, TNI melalui salah satu programnya, yakni TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga menyuguhkan pelayanan kesehatan untuk Desa Blukbuk, Kronjo, Kabupaten Tengerang.

Kali ini, pelayanan kesehatan tidak dilakukan seperti biasanya yang menunggu warga datang ke posko untuk memeriksakan kondisi tubuhnya. Namun, kini tim medis berusaha untuk mendatangi langsung rumah warga dan memberikan pengobatan jika terdapat yang sedang sakit.

Ketika mengunjungi salah satu rumah warga, tim medis dari Kodim Tigaraksa mendapati seorang ibu bernama Asminah yang sedang sakit. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan wanita berusia 60 tahun itu rupanya menderita penyakit darah tinggi.

Kemudian, tim medis yang biasanya bertugas di Rumah Sakit TNI Daan Mogot Tangerang itu langsung memberikan beberapa obat-obatan kepada salah satu anaknya agar sang ibu bisa mengonsumsi dan kondisi kesehatannya dapat semakin membaik.

Baca Juga: Jokowi Resmi Bentuk Komando Operasi Khusus TNI Gabungan 3 Matra

TNI Pengobatan

Mendapatkan bantuan pelayanan kesehatan seperti itu, Jaro yang merupakan anak dari ibu Asminah merasa sangat senang dan terbantukan. Hal tersebut lantaran, sang ibu selama sakit belum pernah diperiksa oleh dokter dan dengan pengobatan secara gratis.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Enggak nyangka juga. Dengan adanya program TMMD, ibu saya diobati,” ujar Jaro di Desa Blubuk, Kronjo, Kabupaten Tengerang, Jumat (19/7/2019).

Sersan Ucu Juharno selaku salah satu tim medis mengungkapkan kalau tujuannya mendatangi rumah warga selain ingin mengetahui kondisi kesehatan masyarakat setempat secara langsung, tetapi juga untuk bersilaturahmi.

“Ya alhamdulillah kita sudah keliling-keliling, lihat warga silaturahmi nanya-nanya. Daritadi hasil keliling banyak juga tadi yang sehat, ya syukur alhamdulillah,” ungkap Ucu.

Selain mendapati ibu Asminah yang mengalami darah tinggi, Ucu juga merasa prihatin karena dirinya sempat menemukan seorang ibu yang sedan hamil tua, namun sampai saat ini belum memeriksakan kandungannya secara ultrasonografi (USG).

“Tadi juga pas keliling enggak diduga ada ibu-ibu muda lagi hamil, miris sekali kok zaman sekarang sudah 7 tapi periksanya cuma ke puskesmas, tanpa di-USG, akhirnya kita sarankan ke bidan yang punya alat USG biar tahu perkembangan si janinnya,” terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini