nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar Membatik Betawi Terogong di Acara Lebaran Betawi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 16:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 338 2081463 belajar-membatik-betawi-terogong-di-acara-lebaran-betawi-01e50q7j7s.jpg Belajar membatik Betawi Terogong di acara Lebaran Betawi, Monas, Jakarta (Foto: Muhamad Rizky)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara Lebaran Betawi ke-12 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Acara itu merupakan perayaan tahunan pasca-Hari Raya Idul Fitri khususnya bagi warga Jakarta. 

Dalam acara ini terdapat anjungan dari lima kota administrasi di DKI Jakarta serta satu Kabupaten Kepulauan Seribu. Di sana setiap kota maupun kabupaten menyuguhkan aneka macam kesenian dan keunggulan daerahnya masing-masing.

Baca Juga: Pemprov DKI Ajak Warga Ramaikan Lebaran Betawi di Monas

Salah satunya anjungan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang menampilkan sebuah stand aneka jenis kain batik dengan berbagai motif seperti batik Betawi Terogong.

"Semua batik yang ada di sini, adalah Batik Betawi Terogong, binaan dari Pemda DKI. Ada berbagai jenis, kain-kain ini dijual dengan harga yang berbeda-beda," kata Yanti, salah satu perajin batik di lokasi, Sabtu (20/7/2019).

Batik Betawi Terogong

Yanti mengatakan, masyarakat yang hadir ke anjungan ini bisa melihat dan belajar langsung bagaimana proses pembuatan kain batik. Mulai dari menggambar pola, hingga proses mencanting menggunakan malam atau lilin.

"Tadi ada orang Jerman, Australia, dan warga yang nyobain. Banyak mereka tadi nyobain disini sampai kainnya habis," ujarnya.

Baca Juga: Atraksi Silat hingga Lenong Ramaikan Lebaran Betawi Ke-12 di Monas

Mereka yang hendak mencoba, kata dia, tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Hal ini dilakukan dalam rangka mengenalkan Batik Betawi Terogong dan menyambut masyarakat di acara Lebaran Betawi.

Adapun untuk batik yang ada di stand itu sendiri bisa dibeli oleh masyarakat. Menurutnya, untuk harga bervariasi ada yang Rp200 ribu hingga Rp1,8 juta. "Paling murah, harganya Rp150 ribu, ada juga yang Rp200 ribu, dan Rp250 ribu," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini