Taman Vertikal Tugu Tani yang Kembali Tampak Tak Terurus

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 25 Juli 2019 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 25 338 2083357 taman-vertikal-tugu-tani-yang-kembali-tampak-tak-terurus-cJ8kcSA7Pp.jpg (Foto : Ilustrasi/tamanvertikal)

JAKARTA - Taman Vertikal Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat kembali terlihat tak terawat kendati baru direvitalisasi belum lama ini. Tanaman di taman vertikal tersebut mati mengering karena sistem pengairan yang tidak terpasang sempurna.

Sebagian karpet yang menjadi media tanam pun tampak kusam dan dipenuhi lumut.

Kondisi taman yang menutupi jejeran ruko di simpang Jalan Menteng Raya hingga Tugu Tani itu tidak lagi enak dipandang, dan justru menambah kusam pemandangan.

Salah satu pegawai yang kerja disekitar lokasi taman bernama Toro (52) mengatakan, kondisi taman vertikal yang tak terurus ini membuat wajah kawasan Tugu Tani menjadi kumuh.

"Sayang sebenarnya kalau kondisinya tidak terawat kayak begini. Harusnya cepat perbaiki pengairannya supaya nggak rusak," ujarnya saat ditemui di lokasi, Rabu (25/7/2019).

Hal senada juga diutarakan Suryadi (49), pemilik warung kelontong di sekitar taman vertikal itu yang menurutnya harus segera diperbaiki. Terlebih, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah menata ulang jalur pedestrian di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kalau bisa secepatnya dibenerin. Soalnya kan trotoar di Cikini lagi dibangun. Masa iya kalau di sana sudah cakep, di sini justru jelek. Apalagi ini kan jaraknya deket," keluhnya

Revitalisasi Trotoar Cikini dan Kramat, Pemda DKI Jakarta Siapkan Rp75 M

Sementara, Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga mendesak dinas terkait segera memperbaiki taman tersebut dengan membuat sistem penyiraman otomatis.

"Selama musim kemarau ini, sistem pemeliharaan taman harus dilakukan dengan lebih baik. Salah satunya menggunakan sistem penyiraman otomatis. Sehingga waktu penyiraman terjaga," katanya.

Menurut Nirwono, kerusakan sistem pengairan dapat mempengaruhi kondisi taman. Hal inilah yang terjadi di Taman Vertikal Tugu Tani yang menyebabkan tanaman tidak tumbuh seragam.


Baca Juga : DPRD DKI Nilai "Lidah Mertua" Bukan Solusi Utama Atasi Polusi

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Fajar menyampaikan, Taman Vertikal Tugu Tani akan diubah sesuai tema HUT Kota Jakarta tahun ini yakni Wajah Baru Jakarta.

"Ada rencana penataan. Kami sedang desain untuk Wajah Baru Jakarta. Tapi sementara kami lagi konsen untuk persiapan HUT Kemerdekaan," ucapnya.

Terkait keringnya tanaman di Taman Tugu Tani, Fajar mengaku telah melakukan antisipasi dengan menyiram tanaman secara manual. "Kita siram manual menggunakan mesin alkon atau selang air yang ada keran," kata Fajar.


Baca Juga : 16 TPU di Jakarta Dilarang Bikin Petak Makam Baru, Berikut Daftarnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini