nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menghitam dan Berbusa, Warga Keluhkan Bau Menyengat Air Kali Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 12:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 26 338 2083789 menghitam-dan-berbusa-warga-keluhkan-bau-menyengat-air-kali-bekasi-WXTRH7ubIh.jpg Kali Hitam dan berbusa di Bekasi (foto: Wijaya/Okezone)

BEKASI - Sudah sepekan terakhir warga di Pangkalan Satu Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan kondisi kali Bekasi yang mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat. Warna air berubah menjadi hitam pekat serta mengeluarkan busa putih yang mengambang di permukaan kali.

Kondisi air kali Bekasi yang menghitam dan berbusa diketahui memang sering terjadi. Warga menduga hal ini disebabkan limbah pabrik industri yang sengaja dibuang ke aliran kali, hingga terjadi pencemaran. Air kali sampai mengeluarkan bau menyengat yang bisa tercium hingga radius 500 meter.

"Ya limbah dari laundry. Udah seminggu (kondisi air kali menghitam), tadinya mah bening airnya," kata Nasir, warga sekitar yang kerap beraktivitas di kali Bekasi, Kamis (25/7/2019).

 Kali Bekasi

Selain itu, pencemaran air juga menyebabkan banyak ikan mati di kali Bekasi. Hal ini seolah menunjukkan tingginya kandungan limbah yang terdapat pada air kali. Padahal Pemkot Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH), sudah beberapa kali melakukan sidak terhadap para pemilik tempat usaha yang diduga sengaja membuang limbahnya ke aliran kali Bekasi. Namun upaya Pemkot tersebut tak jua digubris dan aksi pembuangan limbah pun masih berlanjut.

"Kita sebagai warga di sini juga jadi nggak enak dengan pencemaran lingkungan. Baunya juga ga bagus," ujar Apang, warga lainnya.

Ia pun meminta Pemkot Bekasi agar menyikapi dengan serius masalah pencemaran kali Bekasi yang terus berulang. Karena secara tidak langsung, kondisi ini berpengaruh pada kesehatan masyarakat di sepanjang aliran kali. Warga juga meminta agar pemerintah menutup pabrik yang kedapatan sengaja membuang limbahnya ke kali Bekasi.

"Jadi kami imbau kepada aparat pemerintah tolong ditangani kali kita ini supaya bersih lagi," imbuhnya.

 Kali Bekasi

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini