nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencemaran Minyak di Pantai Karawang Meluas ke Kepulauan Seribu Jakarta

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 12:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 29 338 2084913 pencemaran-minyak-di-pantai-karawang-meluas-ke-kepulauan-seribu-jakarta-spLoaGI0Hn.jpg Pencemaran Laut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengatakan kasus pencemaran minyak di Pantai Karawang sudah meluas hingga ke Kepualan Seribu. Salah satu pulau yang mulai tercemar yakni Pulau Untung Jawa.

"Angin mendorong pencemaran minyak ke arah barat, laporan terakhir masyarakat sudah sampai ke Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu," kata Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat, Meiki Paendong di kantor Walhi, Senin (29/7/2019).

Meiki mengatakan, berdasarkan data citra satelit ESA sentinel 1, tumpahan minyak yang terjadi pada pengeboran lepas pantai sumur YYA-1 PT Pertamina di Pantai Karawang itu kini terus meluas. Tercatat luasan tumpahan per 18 Juli 2019 mencapai 45,37 km persegi.

"Tumpahan minyak ini sudah menyebabkan tambak-tambak di Karawang dan Bekasi mengalami kegagalan panen dan kehidupan nelayan di pesisir Jawa Barat dan DKI Jakarta terganggu, " ungkapnya.

Walhi

Baca Juga: Wagub DKI Bakal Ngantor di Pulau Untung Jawa

Belum lagi lanjut dia, lokasi pariwisata pantai di Karawang harus ditutup karena tercemar oleh tumpahan minyak.

Untuk itu menurutnya PT Pertamina harus segera melakukan audit terhadap prosedur kerja dan peralatan dilokasi lain blok ONWJ, anjungan Echo, Bravo, Mike dan Zulu. Juga memberitahukan kepada warga dan nelayan yang melakukan aktifitas di lokasi terdampak tumpahan minyak.

"Sampai kapan tumpahan minyaj ini akan berakibat terhadap kehidupan dan bagaimana menangani akibat-akibat dari pencemarab ini sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan, " ungkapnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini