nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Rutan Cipinang yang Selundupkan Sabu akan Dipecat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 15:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 29 338 2085004 petugas-rutan-cipinang-yang-selundupkan-sabu-akan-dipecat-pQi4wZUx9N.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kepala Rumah Tahanan (Ka Rutan) Kelas I Cipinang, Oga G. Darmawan memastikan bahwa pihaknya akan melakukan pemecatan terhadap Oknum petugas Rutan Cipinang, berinisial SA yang menyelundupkan narkotika ‎jenis sabu seberat 25 gram ke dalam kotak susu.

"Saya hari ini sudah mengusulkan kepada Kasi Pengelolaan saya untuk mengirim surat kepada bapak Inspektur jendral Ditjen Pemasyarakatan untuk mengusulkan dia pemecatan," kata Oga saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Oga mengungkapkan, perbuatan SA telah mencoreng nama baik Ditjen Pemasyarakatan. Apalagi, oknum itu telah belasan tahun mengabdi di Rutan tersebut. Hingga kini yang bersangkutan sendiri masih diperiksa intensif oleh Polres Metro Jakarta Timur guna mencari tahu sudah berapa kali hal itu ia lakukan.

Baca Juga: Oknum Petugas Rutan Cipinang Selundupkan Sabu di Dalam Kotak Susu

"Status pegawai tetap golongan pangkat 2D sudah 12 tahun masa kerjanya," ujar Oga.

Di sisi lain, Kadiv Permasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Andhika Dwi Prasetyo mengaku tak akan mengintervensi kepolisian terkait kasus ini.

"Pegawai itu sudah bekerja 12 tahun lebih. Kalau terbukti berdasarkan hasil penyidikan kepolisian kita usulkan dipecat. Kewenangan untuk memecat pimpinan pusat Kemenkumham," ucap Andhika terpisah.

Sabu-Sabu

Peristiwa penyelundupan tersebut bermula saat SA yang merupakan petugas bagian dapur masuk ke dalam Rutan melalui pintu utama sekira pukul 21.00 WIB.

Saat itu, SA membawa satu kantong plastik yang berisikan dua kotak susu berwarna kuning. Saat dilakukan pemeriksaan badan dan pemindaian barang bawaan melalui X-Ray, petugas menemukan benda mencurigakan di dalam plastik yang dibawa tersebut.

(kha)

Berita Terkait

Lapas Narkoba

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini