nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Imbau Petugas Kurban Gunakan Besek Dalam Pembagian Daging

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 11:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 30 338 2085345 anies-imbau-petugas-kurban-gunakan-besek-dalam-pembagian-daging-0ybWTB1St4.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengimbau kepada seluruh petugas pembagian daging kurban untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan, seperti wadah yang terbuat dari anyaman bambu, yaitu besek. Ia meminta tak ada lagi yang memakai kantong plastik sekali pakai.

"Kita ajak untuk tidak mengunakan plastik sekali pakai saat bagikan daging tapi gunakan material ramah lingkungan yang paling mudah adalah besek," kata Anies di Masjid Islamic Center, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019)

 Baca juga: Pemprov DKI Imbau Panitia Tak Gunakan Kantong Plastik saat Bagikan Daging Kurban

Kambing Kurban

Anies menginstruksikan kepada PD Pasar Jaya untuk menyediakan wadah yang ramah lingkungan dan dibagikan ke seluruh tempat ibadah. Sehingga, dalam pelaksanaan ibadah sunah umat Islam itu tak mengakibatkan kerusakan lingkungan.

"Tapi prinsipnya kita ingin ada Idul Kurban besok, setelah selesai maka lingkungan yang semula digunakan akan kembali seperti sedia kala seakan-akan tidak pernah menjadi tempat yang kotor. Semuanya kembali bersih seperti semula," katanya.

 Baca juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 1440 Hijriah pada 1 Agustus

Menurut dia, selain bisa menjaga lingkungan, penggunaan besek pun juga akan menambah penguatan sektor ekonomi.

"Dan saya undang pengrajin besek bahwa Jakarta butuh itu untuk idul Adha. Itu secara lingkungan ramah dan manfaat, itu berikan manfaat bagi petani bambu dan pengrajin besek di berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini