nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD Sebut Pengelolaan Sampah di Jakarta Tak Becus, Ini Kata Anies

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 10:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 338 2085782 dprd-sebut-pengelolaan-sampah-di-jakarta-tak-becus-ini-kata-anies-2HUszVmZCK.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menilai pengelolaan sampah saat ini yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta tak lebih baik dari Kota Surabaya. Sehingga, jajaran parlemen Kebon Sirih pun terpaksa melakukan kunjungan kerja ke Kota Pahlawan itu untuk mempelajari dan dipraktekkan di Ibukota.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut, kunjungan kerja DPRD DKI ke Kota Surabaya seperti meledek pengelolaan yang ditangani oleh pemerintahan sebelum dirinya menjadi orang nomor satu di Ibukota.

"Maunya nyerang Gubernur yang sekarang, lupa ini nyerang Gubernur yang sebelum-sebelumnya. Jadi hati-hati tuh," kata Anies di kawasan Menteng, Jakarta Pusat Rabu (31/7/2019).

 Baca juga: Bau Menyengat dan Nyamuk Muncul dari Sampah di Kali Bahagia Bekasi

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menilai pokok pembahasan pada kunjungan kerja yang dilakukan parlemen Kebon Sirih adalah adalah obrolan mengenai pengelolaan sampah Jakarta yang sudah lewat eranya, yakni pengelolaan sampah pada masa gubernur - gubernur sebelum dirinya.

 Sampah

"Sebetulnya itu menceritakan pengolahan sampah selama ini. Saya sedang merubah. Sebelum saya bertugas tidak ada pengelolaan ITF. Sekarang kita mulai ada ITF, lagi diproses," katanya.

 Baca juga: Volume Sampah di Jaktim Capai 100 Ton Perbulan

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sedang mengupayakan untuk mengurangi volume sampah yang ada di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Salah satu caranya dengan mendaur ulang sampah di sana untuk diubah menjadi energi listrik.

"Yang kedua di Bantargebang sekarang ada pengelolaan sampah dari sampah menajdi energi. Itu dulu belum ada," ujarnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai langkah untuk menyelesaikan persoalan sampah di Jakarta. Sebab, faktanya pengelolaan sampah Jakarta selama ini tak dikelola dengan baik.

"Pengolahan sampah di Jakarta selama ini belum baik dan itulah kenyataan yang saya terima sebagai fakta. Sebagai Gubernur yang bertugas saya akan melakukan perubahan dan road mapnya sedang disiapkan," kata Anies.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini