Polantas Gadungan Curi Motor Hasil Tilangan di Pos Polisi

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 31 Juli 2019 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 31 338 2085838 polantas-gadungan-curi-motor-hasil-tilangan-di-pos-polisi-HgE1RSNLxp.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Utara menangkap pria bernama Arief Septian (22) yang melakukan pencurian motor. Untuk memuluskan aksi itu, Arief dan kelompoknya menyamar sebagai polisi lalu lintas gadungan.

Ketika menyamar sebagai polantas gadungan, Arief dan teman-temannya mencuri sepeda motor hasil tilangan polisi. Aksi tersebut pun telah dilaporkan ke pihak kepolisian sejak 7 Juli 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menyebutkan tersangka diamankan polisi beberapa waktu lalu di sebuah tempat cuci kendaraan. Diketahui Arief dan teman-temannya kerap beraksi mengambil sepeda motor di pos-pos polisi di sekitar wilayah Jakarta Utara.

"Kendaraan bermotor yang hilang merupakan kendaraan bermotor hasil tilang anggota lantas dan juga ada motor dinas yang dicuri oleh tersangka," kata Argo dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: Terekam CCTV, Aksi Pria Curi HP Jamaah yang Tidur Pulas di Masjid

Polantas

Lebih lanjut, Argo menjelaskan bahwa tersangka Arief memerankan aksinya sebagai pengatur rencana, dan yang bertugas mencuri motor dengan berpakaian lengkap seperti polisi lalu lintas.

"Tersangka Arief perannya mengatur seluruh rencana-rencana pencurian motor. Pada saat beraksi Arief berpakaian satu set lengkap pakaian dinas lantas agar terlihat seolah-olah yang mengambil motor tersebut adalah anggota polisi lalu lintas," ungkapnya.

Diketahui, Arief tidak beraksi seorang diri. Ia melakukan aksinya bersama dengan teman-temannya yang bertugas membantu memindahkan sepeda motor hasil curian ke dalam mobil.

Sepeda motor hasil curian tersebut pun dijual kepada tersangka Suyato dan juga Asep Khaeruddin. Hasil penjualan itu dibagi rata oleh Arief bersama dengan teman-temannya yang lain.

"Tersangka melakukannya tidak sendirian, namun bersama-sama dengan orang lain," pungkas Argo.

Melalui kasus itu, pihak kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya adalah satu set pakaian dinas polisi lalu lintas, rekaman CCTV di Pos Lantang Bintang Mas, dan juga 17 unit sepeda motor.

Hingga kini, pihak kepolisian sudah mengamankan Arief dan tersangka lainnya, namun masih ada pula beberapa orang yang masih dalam pencarian (DPO).

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini