nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diserang Balik Anies, Bestari Ngaku Cuma Jalankan Fungsi Parlemen

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 338 2085902 diserang-balik-anies-bestari-ngaku-cuma-jalankan-fungsi-parlemen-ruwgRubLIC.jpg Anggota Bapemperda DPRD DKI Bestari Barus (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), DPRD DKI Bestari Barus membantah bila kritikannya soal sampah ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebagai bentuk penyerangan. Ia mengaku hanya menjalankan fungsi pengawasan parlemen kepada eksekutif.

"Anggota DPRD menyerang gubernur, bukan. Memberikan masukan dalam tugasnya dalam tiga tugasnya, fungsi pengawasan, fungsi budgeting dan fungsi pembuatan peraturan daerah," kata Ketua Fraksi NasDem itu kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: Dikritik soal Sampah, Anies: Bestari Mau Menyerang Saya, Lupa Gubernur Sebelumnya

Seperti diketahui, ketika Bapemperda DPRD DKI melakukan kunjungan kerja ke Kota Surabaya untuk meminta masukan dari Wali Kota Tri Rismaharini, Bestari menyinggung ihwal pengelolaan sampah di Ibu Kota yang tak becus.

Anies

Saat itu, kata dia, pihaknya secara spontan meminta masukan dari orang nomor satu di Kota Pahlawan itu. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bila Surabaya terkenal dengan kota yang bersih si bawah kepemimpinan Risma.

"Masa anak dalam negeri kita sendiri enggak boleh bantu," ujarnya.

Menurut dia, dalam hubungan legislatif dan eksekutif itu tak bisa diistilahkan dengan saling serang menyerang. Sebab, keduanya itu merupakan kesatuan pemerintah daerah.

"Kita ini satu kesatuan dalam pemerintahan daerah, jadi bukan cuma gubernur dan bukan cuma DPRD. Kita tapi, gubernur dan DPRD," tuturnya.

Baca Juga: DPRD Sebut Pengelolaan Sampah di Jakarta Tak Becus, Ini Kata Anies 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut, kunjungan kerja DPRD DKI ke Kota Surabaya seperti meledek pengelolaan yang ditangani oleh pemerintahan sebelum dirinya menjadi orang nomor satu di Ibu Kota.

"Maunya nyerang gubernur yang sekarang, lupa ini nyerang gubernur yang sebelum sebelumnya. Jadi hati-hati tuh," kata Anies di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini