nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Renggut Korban, Jalan Berlubang di Tangsel Ditanami Pohon Pisang oleh Warga

Hambali, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 338 2086059 sering-renggut-korban-jalan-berlubang-di-tangsel-ditanami-pohon-pisang-oleh-warga-zofcdxQ4NG.jpg Lubang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) Ditanami Pohon Pisang oleh Warga karena Rawan Kecelakaan, Rabu (31/7/2019). (foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Pemandangan tak lazim terlihat di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Warga sekitar menanam pohon pisang, tepat di atas jalan yang berlubang.

Rupanya diketahui, penanaman pohon pisang di tengah-tengah jalan itu merupakan bentuk protes warga atas maraknya kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda motor.

Lubang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) Ditanami Pohon Kelapa (foto: Hambali/Okezone)	 

Umumnya para pengendara motor tak menyadari, bahwa terdapat lubang berdiameter sekira 1 meter di tengah jalan tersebut. Kondisi itu menyebabkan roda kendaraan terguncang hebat saat melintasinya, hingga tak jarang mereka terjungkal mencium aspal.

Baca Juga: Lubang di Jalan GDC Depok Makan Korban, Wanita Pengendara Jatuh Berdarah 

Salah satu warga bernama Iwan (42), menuturkan kepada wartawan, mereka menanami pohon pisang sebagai bentuk sindiran kepada pihak terkait atas kemunculan lubang itu.

"Kami menyampaikan protes kepada pemerintahan maupun pihak terkait dengan menanam pohon pisang ini," kata Iwan kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Menurut dia, sebenarnya warga sudah jenuh dengan beberapa kali memasang tanda di atas lubang itu. Lantaran tak ada upaya apapun dari Pemerintah Provinsi Banten untuk memperbaikinya. Sebagaimana diketahui, Jalan Siliwangi memang merupakan jalan yang dikelola oleh Provinsi Banten.

"Sudah capek bang protesnya. Dari kita pasangin ban bekas, ditambal batu besar, hingga sekarang pohon pisang. Jelas-jelas ini taruhannya nyawa, apalagi kalau malam menjelang pagi. Pasti ada aja itu korban yang jatuh, karena jalannya gelap juga," sambungnya.

Lubang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) Ditanami Pohon Kelapa (foto: Hambali/Okezone)	 

Korban akibat lubang jalan itu sudah tak terhitung banyaknya, khususnya pengendara roda dua. Bahkan disebutkan Iwan, beberapa hari lalu sekira pukul 05.00 WIB ada pasangan suami-istri terjatuh dari sepeda motornya setelah melintasi lubang itu.

"Motornya rusak di bagian bawah. Pengendaranya luka-luka ringan," ucap dia.

Sementara warga lain, Bagas (35) mengaku kerap memberi tanda adanya lubang dengan meletakan ban bekas, cone jalan, namun sering kali ada yang usil dengan menghilangkannya tiap malam hari.

"Lubang itu sudah lama, dari sebelum lebaran (Idul Fitri) kemarin. Saya udah sering taruh penanda buat lubang itu, cuma ya sering juga pada hilang-hilangan," ujar Bagas.

Lubang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) Ditanami Pohon Kelapa (foto: Hambali/Okezone)

Baca Juga: Ini Penyebab Amblasnya Ruas Jalan Puspiptek Raya di Tangsel 

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie meminta Pemprov Banten segera menyelesaikan seluruh perbaikan jalan rusak yang tersebar di wilayah Kota Tangsel, seperti Jalan Siliwangi maupun jalan di depan PLN Pamulang. Menurutnya, perbaikan Jalan Siliwangi ini kewenangan Pemprov Banten.

"Saya berharap Pemprov Banten segera melakukan perbaikan atas kerusakan Jalan Siliwangi yang merupakan asset dan kewenangan Provinsi Banten," tutur pria yang akrab disapa Bang Ben itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini