nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Kemarau, Warga Bogor Kesulitan Air Bersih

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 18:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 01 338 2086534 musim-kemarau-warga-bogor-kesulitan-air-bersih-BW29qNWjHl.jpg Warga Bogor mengantre air bersih (foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Dampak kekeringan akibat musim kemarau panjang mulai terasa di sejumlah wilayah di Nusantara. Salah satunya terjadi di Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Desa Weninggalih, Samsu mengatakan, kekeringan tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Ada sekitar 1.500 kepala keluarga yang terdiri dari 4.000 jiwa di wilayahnya yang terdampak.

"Kekeringan sudah tiga bulan. Ada lima kampung yang terdampak di desa ini," kata Samsu kepada Okezone, Kamis (1/8/2019).

 Baca juga: 127.977 Jiwa Terdampak Kekeringan Parah di Gunungkidul

Samsu menambahkan, banyak warganya yang mengambil air di sumber-sumber mata air bahkan di parit untuk kebutuhan sehari-hari. Hal itu terpaksa dilakukan karena sumur mereka sudah tidak kering.

"Warga itu pakai sumur bor, tapi kan kering. Jadi mereka cari sumber air terdekat," tambah Samsu.

 Bogor kekeringan

Tidak hanya itu, lahan pertanian milik warga seluas sekitar 200 hektare juga mengalami kekeringan hingga gagal panen karena keringnya saluran air irigasi yang berasal dari aliran Sungai Cipamingkis.

"Pertanian juga mengalami gagal panen karena kekeringan," ungkapnya.

 Baca juga: Tak Ada Air Bersih, Warga Manfaatkan Air Telaga Kotor

Meski bantuan air bersih dari berbagai instansi sudah mulai mengalir, namun belum dapat memenuhi kebutuhan warga. Mereka harus rela mengantre panjang demi mendapat beberapa liter air.

"Bantuan sudah ada sejak sepekan ini, tapi bantuan enggak setiap hari, paling cuma tiga hari sekali saja masok airnya," tandasnya.

 kekeringan

(wal)

Berita Terkait

Kekeringan di Daerah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini