nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Driver Ojol Elus Paha Penumpang Bikin Netizen Geram

Edi Hidayat, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 19:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 01 338 2086561 viral-driver-ojol-elus-paha-penumpang-bikin-netizen-geram-aKBRmDo0cT.jpg Viral Ojol Sentuh Paha Penumpang (Foto: Instagram)

JAKARTA - Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan driver ojol terekam kamera video hingga menjadi viral di media sosial. Dugaan pelecehan itu terjadi saat sang driver ojol tersebut menyentuh atau mengelus paha penumpangnya dalam kondisi jalan.

Dalam keterangan video dijelaskan sang driver ojol terus berupaya untuk mengelus paha penumpangnya. Namun, sang penumpang menangkis upaya sang driver tersebut.

"Ada lagi teman kita, P, yang mengalami pelecehan oleh driver ojek. Saat di perjalanan, driver ini berusaha mengelus paha P, sambil ketakutan P menangkis tangan driver. Saat driver mengulangi lagi mau menyentuh pahanya, dia lgsg cepat merekam video sebagai barang bukti. Setelah P sampai, P lgsg melaporkan ke pihak Grab," tulis keterangan video yang diunggah @dearcatcallers.id.

Aksi tersebut kabarnya sudah dilaporkan kepada pihak perusahaan ojol agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali. "Driver @grabid ini sudah dilaporkan dan pihak Grab sudah memberi respon, kabarnya akan memberikan sanksi sesuai kode etik mereka. Semoga tegas ya sehingga gak ada lagi korbannya!," lanjut komentar video.

Viral

Baca Juga: Viral Anggota TNI Bikin Salfok di Tengah Rombongan Moge

Peristiwa itu mendapat reaksi keras dari netizen. Bahkan ada netizen yang mengaku memiliki pengalaman yang sama.

"Gue pernah . Helmnya langsung gue toyor dari belakang, dia bilang gue gasopan padahal dia lebih ga sopan lg," tulis komentar @hanumayd*****.

"Itu driver2 yg suka ngelecehin perempuan, kerjanya mau cari uang apa cari mangsa?," tulis komentar @zyy****.

Sementara itu, seiring viralnya pemberitaan dugaan pelecehan seksual tersebut, komunitas pemerhati pelecehan seksual di transportasi urban atau perEMPUan, Rika Rosvianti ikut bicara.

Menurutnya, terdapat pergeseran pandangan terkait tindakan pelecehan yang umumnya dialami perempuan pengguna transportasi urban sebagaiman dibuktikan dalam survei yang dilakukan yang dilakukan Komunitas Konsumen Indonesia (KKI).

"Jika dulu tindakan pelecehan itu diasumsikan karena perempuan menggunakan pakaian terbuka, ternyata tidak lagi. Survei membuktikan justru tindakan pelecehan dialami mereka yang menggunakan pakaian tertutup," kata Rika.

Survei oleh KKI menunjukkan berdasarkan risiko keamanan, konsumen perempuan lebih rentan mengalami berbagai tindak kekerasan, pelecehan, kehilangan maupun kecelakaan.

"Kami mengimbau aplikator transportasi online untuk membuat SOP pencegahan penanganan kasus pelecehan seksual, dengan memberikan pelatihan sejak awal mereka direkrut. Kemudian, mereka juga harus membuat sistem notifikasi bila ada pelanggan atau driver yang melakukan pelecehan seksual melalui sistem aplikasinya," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Viral

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini