nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangani Tumpahan Minyak, Pemprov DKI dan Pertamina Akan Buat Tim Khusus

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 02 338 2086995 tangani-tumpahan-minyak-pemprov-dki-dan-pertamina-akan-buat-tim-khusus-ZThO6YXmUZ.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta, Pertamina, dan Pemerintah Daerah setempat saling bekerjasama untuk menyelesaikan kasus pencemaran lingkungan di Kepulauan Seribu akibat tumpahan minyak dari sumur Pertamina di perairan Karawang, Jawa Barat.

Gubernur Anies Baswedan menyebutkan bahwa langkah awal yang akan dilakukan oleh Pemprov DKI dengan Pertamina adalah mendatangi langsung masyarakat sekitar yang terdampak dari ceceran minyak tersebut.

"Sehingga mereka kelangsungan hidup tidak terganggu. Karena nelayan hidupnya dari perairan, dari air dan itu day to day," ujar Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

"Karena itulah segera akan bertemu timnya, dan pesannya adalah akan semua yang menjadi konsekuensi negatif akan ada pertanggung jawaban," lanjutnya.

 Baca juga: Kepulauan Seribu Tercemar Limbah Minyak, Anies Panggil Pertamina

Maka dari itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memutuskan membentuk tim khusus yang akan bergerak cepat agar masyarakat yang terdampak mendapatkan pertanggungjawaban dari pihak terkait.

"Jadi timnya nanti dipimpin dari pihak kami pak Bupati bersama dengan tim dari Pertamina akan bergerak cepat, dan hari-hari kedepan mereka sudah langsung akan bekerja," ungkap Anies.

Selain itu, Bupati Kepulan Seribu Husain Murad juga akan menugaskan sejumlah petugas membersihkan kawasan yang tercemar. Ratusan karung pek terkumpul yang dipungut dari pantai-pantai yang tercemar.

 Baca juga: Jokowi Angkat Bicara soal Polusi Udara Jakarta

"Dan langkah yang kami lakukan adalah membersihkan oil spill tadi sampai ke darat memobilisasi seluruh petugas yang ada. Khususnya petugas PPSU, petugas dari dinas lingkungan hidup, dan juga dari Pertamina juga," timpal Husain.

Sementara itu, VP. Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman pun mengatakan, bahwa koordinasi tim tersebut akan dilakukan secepatnya, dan mereka akan mulai turun ke lapangan pada Senin depan.

"Tadi disampaikan intensive koordinasi akan dilakukan minggu depan, senin kita akan action," pungkas Fajriyah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini