Potensi Tsunami, Warga Pandeglang dan Lampung Pesisir Diimbau Segera Evakuasi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 02 Agustus 2019 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 338 2087024 potensi-tsunami-warga-pandeglang-dan-lampung-pesisir-diimbau-segera-evakuasi-y5RSQfqXXN.jpg Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau agar masyarakat yang berada di daerah Pandeglang Bagian Selatan, Pandeglang Pulau Panaitan, serta Lampung-Barat Pesisir-Selatan untuk segera evakuasi menyelamatkan diri.

Hal itu diimbau setelah adanya gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang daerah Sumur, Banten. Gempa tersebut terjadi sekira pada pukul 19.03 WIB dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di daerah Sumur, Banten.

"Kepada masyarakat di wilayah dengan status "SIAGA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui keterangannya, Jumat (2/8/2019).

Baca Juga: Gempa Banten 7,4 SR Terasa hingga Bandung Raya

Gempa

Adapun, daerah yang bertatus siaga dengan ketinggian air maksimal 3,0 meter berpotensi di Pandeglang Pulau Panaitan, Lampung-Barat Pesisir-Selatan, dan Pandeglang Bagian Selatan.

Sementara daerah yang menjadi ancaman waspada tsunami yakni Pandeglang Bagian Utara, dan Lebak dengan ancaman ketinggian maksimal 0,5 meter.

"Kepada masyarakat di wilayah dengan status "WASPADA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai," ucapnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini