nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencari Suaka di Penampungan Kalideres Desak UNHCR Percepat Proses Kepindahan

Sabtu 03 Agustus 2019 22:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 03 338 2087355 pencari-suaka-di-penampungan-kalideres-desak-unhcr-percepat-proses-kepindahan-95zQMa2qyz.jpg Pencari suaka di penampungan Kalideres. (Foto: Alviansyah/Antaranews)

JAKARTA – Pencari suaka di lokasi penampungan bekas Kodim Kalideres, Jakarta Barat, mendesak Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) mempercepat proses administrasi untuk kepindahan mereka.

"Indonesia bukan negara tujuan kami, di sini hanya transit saja. Yang kami inginkan, PBB bisa segera urus kepindahan kami ke negara penerima suaka," ujar Hamid, salah satu pencari suaka asal Sudan, Sabtu (3/8/2019), seperti dikutip dari Antaranews.

Baca juga: Pencari Suaka di Kebon Sirih Dipindah ke Kalideres 

Para pencari suaka seperti halnya Hamid mengharapkan bisa segera diproses kepindahan ke negara-negara penerima suaka seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Pencari suaka Kebon Sirih dipindah ke Kalideres. (Foto: Alviansyah P/Antaranews)

"Memang Indonesia tidak menandatangani Konvensi Jenewa Tahun 1951 tentang Pengungsi, sehingga kami di sini tidak bisa bekerja dan hanya menunggu bantuan," ujar Hamid.

Baca juga: Dipindah ke Kalideres, Ratusan Pencari Suaka Menempati 6 Tenda Besar 

Ia mengatakan, UNHCR sebagai lembaga tertinggi untuk masalah pengungsi semestinya mempercepat pemenuhan hak-hak pengungsi mendapatkan tempat tinggal, pekerjaan, dan pendidikan.

Tak hanya itu, Hamid mengharapkan agar proses tersebut berlangsung segera, supaya tidak ada pengungsi di Kalideres yang singgah bertahun-tahun di Indonesia.

Selain Hamid, pengungsi asal Afghanistan bernama Ali Reza juga menginginkan UNHCR mempercepat proses penerimaan suaka sembari mencarikan tempat tinggal sementara yang layak.

"Ya, kami ingin proses penerimaan suaka cepat, dan sekarang kami butuh tempat tinggal. Paling tidak membangun satu tempat untuk kami," ujar Ali.

Baca juga: Ratusan Pengungsi Suaka Berobat ke Puskesmas Kalideres 

Pengungsi yang sudah enam tahun berada di Indonesia itu hanya bisa pasrah, tidak bisa pulang ke negaranya tanpa kejelasan status dan pekerjaan.

Pencari suaka Kebon Sirih dipindah ke Kalideres. (Foto: Okezone)

"Kalau enggak ada proses di sini, kami tidak tahu harus berapa lama lagi. Saya dari mana makan kalau tidak boleh kerja, tidak ada tempat tinggal," ungkap Ali.

Baca juga: Soal Pencari Suaka, Pemprov DKI Tunggu Instruksi UNHCR 

Hingga kini jumlah pengungsi di Kalideres sebanyak 1.127 orang. Dewasa sebanyak 851 orang dan anak-anak 276 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini