nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Keruk Sejumlah Kali Cegah Banjir saat Musim Hujan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 11:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 05 338 2087770 pemprov-dki-keruk-sejumlah-kali-cegah-banjir-saat-musim-hujan-xRHOykhmzo.jpg Pengerukan kali. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA – Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan melakukan pengerukan kali yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya sumbatan di beberapa titik sumber air ketika musim hujan tiba yang diprediksi terjadi pada September mendatang.

"Dengan pengerukan diharapkan menjadikan aliran di sungai dan kali berjalan lancar, sehingga bisa meminimalisasi genangan air di perkampungan warga di saat intensitas hujan tinggi pada saat musim hujan," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini, Senin (5/8/2019).

Baca juga: Jokowi Pamer Terowongan Nanjung untuk Perlancar Aliran Sungai Citarum Jabar 

Ia mengatakan, pengerukan kali dilakukan sejak sepekan terakhir dan akan dilaksanakan secara terus-menerus di seluruh wilayah DKI hingga musim hujan tiba.

Pengerukan kali. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Juaini melanjutkan, pihaknya menerjunkan puluhan alat berat guna mengangkat lumpur dan sampah yang sudah mengeras selama kurun waktu beberapa bulan terakhir, bersamaan dengan musim panas di Jakarta.

Baca juga: Patroli Sungai Citarum, Cara Polres Bekasi Ngabuburit Jelang Berbuka Puasa 

"Kita juga menurunkan ribuan personel Satgas Biru yang ada di bawah naungan Kadis SDA, karena kondisi lapangan harus menghadapi lorong-lorong jembatan. Satgas Biru kita kerahkan untuk mengangkat sampah dan lumpur yang berada di bawah jembatan atau fasilitas umum lainnya yang tidak bisa diangkat menggunakan alat berat," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan pengecekan sejumlah pompa air agar saat musim hujan nanti seluruhnya bisa digunakan secara optimal. Salah satunya memastikan kondisi mobile pump di sejumlah wilayah, peninjauan terhadap waduk, serta evaluasi alat penanggulangan banjir lainnya yang dimiliki.

Baca juga: Sungai di Jakarta Bakal 'Disulap' Jadi Tempat Wisata 

"Selain itu kita juga melakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait. Tujuannya agar penghilangan banjir, khususnya di kali dan sungai bisa berjalan lancar," ujarnya.

Saat ini pihaknya telah melakukan pengerukan sepanjang 8 kilometer di kali kawasan Jakarta Barat. Ia berharap akhir Agustus 2019 seluruh kali di Ibu Kota sudah selesai dikeruk dari hulu hingga hilir sungai.

Baca juga: Diseminasi Hasil Pembelajaran Pengolahan Limbah Sampah di Sungai Citarum 

"Kita melakukan pengerjaan pada malam hari. Sementara untuk wilayah yang luas, jalanya lebar. Kami melakukan pengerjaan siang dan malam. Untuk mengejar target menghadapi musim hujan tiba," ujar Juaini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini