Temui Massa Aksi, Manajemen Gojek Janjikan Ini ke Para Driver

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 05 Agustus 2019 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 338 2088001 temui-massa-aksi-manajemen-gojek-janjikan-ini-ke-para-driver-izTjv95g7e.jpg Demo massa taksi dan ojek online di depan Kantor Gojek, Blok M, Jakarta Selatan (Rizky/Okezone)

JAKARTA - Perwakilan managemen PT Gojek Indonesia menemui ratusan massa pengemudi taksi dan ojeknya yang berunjuk rasa di depan Kantor Gojek di Pasar Raya Blok M, Jalan Iskandarsyah Melawai, Jakarta Selatan.

Vice President (VP) Corporate Affairs, Michael Reza Say menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan membuat kebijakan untuk merugikan mitra Gojek. Semua kebijakan maupun aturan baru akan memperhatikan dampak terhadap mitra Gojek.

Michael pun mengatakan bahwa pihaknya selalu ingin melibatkan mitranya untuk membuat setiap kebijakan baru. Namun, Gojek tidak bisa hanya melibatkan satu komunitas, untuk itu pihaknya membentuk wadah agar aspirasi tersebut bisa sampai kepada Gojek.

"Kami ada kopdar, di mana mitra kami, kami masukkan ke dalam aspirasinya apa sih. Harapannya ini bisa jadi wadah mitra dan GoJek untuk tukar pikiran," ujarnya, Senin (5/8/2019).demo gojek

Sementara VP Regional Strategy, Gede Manggala juga menjawab tuntutan massa yang meminta jangan ada rekruitmen driver Gojek baru.

"Kita kebetulan dalam tahap running down, menurun, massa penerimaan ini akan kita reduce terus sampai saat sudah cukup," paparnya.

Begitu pula dengan sekema insentif, tambah Gede, pihaknya tengah mempertimbangkan dan pelajari dengan baik terkait masukan mitra yang disampaikan.

"Jadi ini hal-hal yang secara terus menerus kita perbaiki, hal-hal ini mungkin bersifat dinamis," tambahnya.

Kemudian juga soal usulan roda dua tentang pemberantasan order fiktif. Gojek terus berusaha bahkan penggerebekan selalu dilakukan, namun butuh strategi menyeluruh.

"Kami selalu hargai temen-temen sebagai mitra, itu komitmen managemen dan gojek, jangan pernah ragukan itu mari kita cari solusi bersama," tukasnya.

Gojek Demo

Sementara itu, Gojek dan komunitas mitra pengemudi yang bernaung di bawah organisasi GERHANA (GERakan Hantam Aplikator NAkal) dan Oraski (Organisasi Angkutan Sewa Khusus Indonesia) menyetujui beberapa poin kesepakatan dalam sebuah pertemuan yang cukup hangat di kantor pusat Gojek di Jakarta.

”Kami sudah bertemu dengan pihak Gojek, terjadi diskusi yang membangun. Pada intinya aspirasi kami didengarkan dan mereka akan mengundang mediasi lanjutan tanpa ada pengerahan massa lagi,” ungkap Fahmi, ketua DPP Oraski usai bertemu manajemen Gojek.

Fahmi menuturkan, kehadiran anggota komunitas GERHANA dan Oraski hari ini ke kantor Gojek sesungguhnya membawa pesan damai. Diantaranya meminta Gojek menghentikan penerimaan mitra pengemudi baru dan membuka suspend bagi mitra yang diputus kemitraannya. Komunitas Mitra Driver juga meminta penerapan skema insentif dan tarif yang sesuai serta adanya perjanjian kemitraan yang adil.

"Kami sudah menyampaikan permintaan dari kawan-kawan driver dan sudah mendapat tanggapan positif dari manajemen Gojek. Ini hal biasa antara mitra dengan patnernya," imbuh Fahmi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini