nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalankan Instruksi Anies, Dinas Pendidikan DKI Ngebut Pasang Panel Surya di Sekolah

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 14:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 06 338 2088418 jalankan-instruksi-anies-dinas-pendidikan-dki-ngebut-pasang-panel-surya-di-sekolah-aiqco1QqMK.jpg Ilustasi Panel Surya (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan mempercepat pemasangan panel surya di sekolah-sekolah. Hingga kini, panel surya tersebut sudah terpasang kurang lebih sebanyak 100 sekolah.

Seperti diketahui, rencana pemasangan panel surya di sekolah-sekolah mengacu pada salah satu poin dalam Instruksi Gubernur (Ingub) yang dikeluarkan Gubernur Anies Baswedan dengan Nomor 66 Tahun 2019 untuk menekan polusi udara di Ibu Kota.

"Kalau bisa dalam waktu dekat ya semuanya. Coba ke SMP 1 saja, SMP 1 Cikini kamu liat, kan dekat tuh," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI, Ratiyono saat dikonfirmasi, Selasa (6/8/2019).

Menurut Ratiyono, listrik yang dihasilkan oleh panel surya dari atas atap gedung sekolah tersebut bisa digunakan selama adanya sinar matahari. "Kalau malam enggak ngisi, enggak ada sinar matahari," tambahnya.

Ilustrasi gedung sekolah

Dalam Ingub Nomor 66 Tahun 2019, salah satu poinny berisikan agar gedung sekolah menginstalasi solar panel mulai tahun ini hingga 2022.

"Kepala dinas perindustrian dan Energi Provinsi DKI agar menginstalasi solar panel pada seluruh gedung sekolah, fasilitas olahraga/kepemudaan, fasilitas kesehatan, dan gedung milik pemerintah daerah yang dimulai pada tahun 2019 dan diselesaikan pada 2022," bunyi salah satu poin Ingub tersebut.

Polusi Jakarta

Baca Juga: PDIP Sebut Ingub Anies Tak Menjawab Persoalan Polusi Jakarta saat Ini

Baca Juga: Pandeglang Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Pasca-Gempa 6,9 M

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral panel surya yang terpasang di atas gedung-gedung sekolah ataupun pemerintahan akan menghemar tenaga listrik berbayar, dan juga yang terpenting menjaga lingkungan.

"PLTS bukan hanya sekedar untuk menghemat biaya tenaga listrik yang harus mereka bayar, namun juga ini menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan," terang Kementerian ESDM dalam laman resminya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini