Share

Hari Ini Dishub Umumkan Hasil Kajian Perluasan Ganjil Genap di Jakarta

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 07 Agustus 2019 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 07 338 2088684 hari-ini-dishub-umumkan-hasil-kajian-perluasan-ganjil-genap-di-jakarta-lBJKwSu9E4.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengumumkan hasil kajian soal konsep penerapan perluasan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor di Ibu Kota hari ini, Rabu (7/8/2019). Sebelumnya, beleid itu masih diracik dan difinalisasi oleh Dishub.

"Kita sedang lakukan finalisasi, kemudian besok (hari ini) kita akan umumkan," ujar Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa 6 Agustus 2019.

Kendati demikian, mengenai ketentuan kendaraan apa saja yang akan masuk ke dalam peraturan tersebut, Syafrin enggan membeberkan secara detail dan meminta awak media menunggu pengumuman hari ini.

 Ganjil Genap

Untuk ruas jalur mana yang cocok diterapkan ganjil genap, Syafrin menjelaskan pihaknya mempertimbangkan beberapa hal, pertama dari aspek kualitas lingkungan yang sangat memprihatinkan pada tingkat kemacetan.

 Baca juga: Dishub DKI Akan Serahkan Hasil Kajian Perluasan Ganjil Genap ke Gubernur Anies Pekan Ini

Kalau ukuran visi rasio kemacetan mempunyai skala antara 0 hingga 1. Skala 0 yang artinya baik, dan skala 1 berarti jenuh alias padat kendaraan.

"Artinya, dalam kriteria itu di mana visi rasionya 0,7 pada jam puncak kemacetan. Kecepatan rata-ratanya sudah berada di bawah 30 km," ujar Syafrin.

"Kemudian, berikutnya bahwa untuk kriteria penetapan, semua ruas jalan dapat ditetapkan sebagai jalan dengan pembatasan lalin itu seluruhnya sudah hampir sama kondisinya," sambung dia.

 Baca juga: Polda Metro Tegaskan Informasi Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Hoaks

Sekadar diketahui, gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan beroda empat dan dua disinyalir sebagai salah satu penyebab polusi di ibu kota, dan menurunnya kualitas udara.

 

Untuk menanggulangi masalah polusi itu, Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara yang telah ditandatangani pada Kamis, 1 Agustus 2019.

Salah satu poin pada Ingub itu ialah mengintruksikan Dishub DKI menerapkan perluasan rute ganjil-genap untuk kendaraan beroda empat, dan direncanakan juga untuk sepeda motor sebagai upaya menekan polusi di Jakarta.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini