Share

Dishub DKI Pastikan Angkutan Umum Sudah Tersedia di Jalanan Ganjil-Genap

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 07 Agustus 2019 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 07 338 2088863 dishub-dki-pastikan-angkutan-umum-sudah-tersedia-di-jalanan-ganjil-genap-ifhyzkl8ku.jpg Bus Transjakarta. (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Liputo memastika perluasan sistem ganjil-genap yang diberlakukan pada 25 ruas jalan di Jakarta sudah dilayani angkutan umum.

Selain itu, ruas jalan yang diberlakukan perluasan sistem ganjil-genap juga sudah memadai.

"Selain ada jaringan jalan yang sudah memadai, juga di sana sudah disediakan angkutan umum yang memadai," ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Syafrin mencontohkan di koridor Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman, hingga Jalan MH Thamrin telah tersedia angkutan umum moda raya terpadu (MRT) Jakarta.

Kemudian, di ruas jalan lainnya sudah tersedia moda transportasi Bus Transjakarta.

"Seluruh jaringan yang tadi ditetapkan (ganjil-genap) juga telah dilayani dengan angkutan massal kita, Transjakarta, di mana di sana telah tersedia angkutan Transjakarta dengan pola dedicated lane (jalur khusus), sifatnya tidak mixed traffic," ujarnya.

Meski Harga Tiket Normal, Penumpang MRT Tetap Turun

Perluasan sistem ganjil-genap diharapkan mampu memperbaiki kualitas udara Jakarta. Pasalnya, perbaikan kualitas udara telah terjadi di ruas jalan yang selama ini diberlakukan sistem ganjil-genap.

"Berdasarkan data yang kami lakukan analisa evaluasi pada semester pertama kemarin, kualitas udara pada koridor-koridor di jalan yang ditetapkan ganjil-genap itu meningkat," ucap Syafrin.

Adapun perluasan sistem ganjil-genap ini dari Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Ingub tersebut untuk menekan polusi udara di DKI Jakarta.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini