nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Mati Listrik, Pemprov DKI & PLN Bakal Bangun Pembangkit Khusus untuk MRT

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 07 338 2089041 antisipasi-mati-listrik-pemprov-dki-pln-bakal-bangun-pembangkit-khusus-untuk-mrt-WpNQVPvnIt.jpg Proyek MRT.

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama PLN berencana membangun pembangkit listrik khusus untuk mengoperasikan moda raya terpadu (MRT) Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pembangkit listrik tersebut untuk memastikan agar MRT Jakarta tetap bisa beroperasi saat mati listrik.

"Kita akan bicarakan bersama-sama dengan PLN untuk memiliki pembangkit sendiri khusus untuk MRT, ketika MRT nanti juga jaringannya sudah luas," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Anies menjelaskan, saat ini MRT Jakarta telah beroperasi dengan dua pemasok listrik seperti sistem transportasi massal berbasis listrik yang ada di dunia.

Namun, saat peristiwa mati listrik di Jakarta, kedua pemasok listrik tersebut juga terdampak yang mengakibatkan terhentinya aliran listrik ke MRT.

Per 1 April Ini, MRT Jakarta Mulai Berbayar

"Waktu itu pun ada jaminan bahwa tidak terjadi (MRT berhenti beroperasi) karena memang tidak terbayang, dua-duanya (pemasok listrik) mati," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan bahwa, pemadaman listrik pada akhir pekan lalu jadi pembelajaran bagi pihaknya. Pasalnya, Pemprov DKI hanya memiliki pasokan listrik cadangan yang hanya bisa digunakan untuk keamanan dalam kondisi darurat, bukan untuk menjalankan kereta MRT.

"MRT punya back up untuk safety, sehingga lampu kereta berfungsi, seluruh pintu berfungsi, seluruh kegiatan untuk safety itu tidak terganggu. Ada back up-nya, tapi memang bukan back-up untuk tetap menjalakan seluruh operasi," ucap Anies.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini