nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencemari Udara, Pemprov DKI Ancam Bekukan Izin PT Hong Xin Steel

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 15:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 08 338 2089400 mencemari-udara-pemprov-dki-ancam-bekukan-izin-pt-hong-xin-steel-xb3nf5vXSn.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengancam akan membekukan izin usaha PT Hong Xin Steel, yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur, bila dalam waktu 45 hari kembali mengacuhkan sanksi yang diberikan soal perbaikan cerobong asap.

Kepala Dinas Lingkungan hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, peringatan itu diberikan karena perusahaan tersebut telah diberi sanksi pada 45 hari yang lalu untuk memperbaiki cerobong asapnya. Namun, saat dilakukan pengecekan pada hari ini, keadaannya masih sama.

"Jika terbukti tidak juga dipenuhi, maka akan meningkat ke sanksi berikutnya, yaitu pembekuan izin lingkungan dan bahkan dapat sampai ke pencabutan izin. Ujungnya bisa sampai pidana," kata Andono di kawasan Jakarta Timur, Kamis (8/8/2019).

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup juga memberi sanksi kepada dua perusahaan, yaitu PT. Indonesia Acid Industry dan PT. Mahkota Indonesia. Ia memastikan, di 2019 ini pihaknya tak akan berhenti melakukan inspeksi ketiga perusahaan saja.

Ilustrasi

Ia menyatakan, inspeksi tahun ini ditargetkan dilakukan kepada 90 perusahaan dari 114 kegiatan industri yang terindentifikasi memiliki cerobong buangan gas sisa.

“Kami mendata ada 1.150 cerobong gas buang industri di Jakarta. Kegiatan industri tersebut umumnya memiliki cerobong lebih dari satu unit,” katanya.

Baca Juga: Cerobong Asapnya Cemari Udara, 2 Perusahaan di Jaktim Kena Sanksi Pemprov DKI

Ia menambahkan, sepanjang tahun 2019, pihaknya telah menjatuhkan sanksi kepada 77 pelaku usaha yang terbukti tidak patuh atas ketentuan lingkungan.

"Jumlah ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 18 pelaku,” kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini