Anies Tak Gentar Hadapi Gugatan Pengembang soal Pencabutan Izin Reklamasi

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 08 Agustus 2019 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 338 2089440 anies-tak-gentar-hadapi-gugatan-pengembang-soal-pencabutan-izin-reklamasi-4izsimqMH4.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan pihaknya tak akan pernah gentar untuk melawan upaya pengembang yang tengah menggugat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1409 tahun 2018 tentang pencabutan izin reklamasi ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Seperti diketahui, PT Agung Dinamika Perkasa sedang menggugat pemberhentian izin Pulau F ke PTUN. Sementara, PT Jaladri Kartika Pakci menggugat Pulau I. Keduanya merupakan anak perusahaan Agung Podomoro Land. Terakhir, PT Manggala Krida Yudha mengajukan gugatan untuk Pulau M.

"Pokoknya kita akan lawan terus. Reklamasi dihentikan. Dan para pengembang yang berencana melakukan reklamasi akan kita hentikan, baik lewat regulasi maupun lewat pengadilan. Jadi kita akan tempuh itu," kata Anies di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Baca Juga: Anies: Kawasan Reklamasi Hanya Milik Indonesia

Anies

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menuturkan, perjuangan menghentikan pembangunan Pulau Reklamasi itu bertujuan untuk menyelamatkan Jakarta dari ancaman bencana lingkungan hidup.

"Kita ingin menyelamatkan Jakarta dari potensi bencana lingkungan hidup gara-gara reklamasi. Jadi komitmen kita tidak berhenti. Kalau mereka berusaha meneruskan lewat jalur pengadilan, kita akan hadapi di pengadilan," ujarnya.

Anies tak setuju dengan dengan penilaian banyak pihak yang menganggap Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1409 Tahun 2018, tak kuat di mata hukum. Ia meyakini langkahnya itu sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

"Dalam segala urusan, bisa selalu dicari celahnya. Segala urusan. Jadi pokoknya kita akan hadapi terus. Di pengadilan pun kita akan hadapi," kata dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini