nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Cerobong Asap Pabrik Cemari Udara Jakarta, DPRD DKI: Pengawasan Dinas LH Lemah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 08:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2089680 puluhan-cerobong-asap-pabrik-cemari-udara-jakarta-dprd-dki-pengawasan-dinas-lh-lemah-Q4hvc0mExq.png Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga menilai pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) kepada aktivitas cerobong asap perusahaan di Ibu Kota sangat lemah. Hal itu terlihat dari adanya 77 industri yang teridentifikasi mempunyai cerobong asap tak sesuai standard baku mutu.

"Nah itu, berarti kan selama ini pengawasannya kendor," kata Pandapotan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Seperti diketahui, akibat cerobong asap beberapa perusahaan yang tidak memenuhi kriteria, kualitas udara di Jakarta menjadi tercemar dan berdampak buruk kepada kesehatan masyarakat.

Menurut dia, seharusnya Dinas Lingkungan Hidup itu bekerja tak hanya dalam tahapan mengobati saja, melainkan mesti menjalankan pengawasan secara ketat. Sehingga, ke depannya nanti bisa mencegah terjadinya pencemaran udara

"Sekarang-sekarang ini aja heboh dibenerin karena ada program. Dulu-dulu mungkin kendor," ujarnya.

Politikus PDIP itu meminta kepada Dinas LH untuk menerapkan pengawasan cerobong asap perusahaan secara berkala. Kata dia, minimalnya setiap enam bulan harus dilakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan tak ada yang melanggar aturan.

"Nanti kita panggil Dinas LH supaya lebih ketat soal pengawasan mereka," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih menyatakan, sepanjang tahun 2019, pihaknya telah menjatuhkan sanksi kepada 77 pelaku usaha yang terbukti tidak patuh atas ketentuan lingkungan.

"Jumlah ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 18 pelaku,” kata Warih kemarin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini