nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tawuran Pelajar Kerap Terjadi di Depok, Pemkot Siapkan Langkah Pencegahan

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2089822 tawuran-pelajar-kerap-terjadi-di-depok-pemkot-siapkan-langkah-pencegahan-x1Lb1iLw6Z.jpg Ilustrasi Tawuran (foto: Okezone)

DEPOK - Insiden tewasnya seorang pelajar Kelas 10 SMA Arrahman, MI (16) yang terjadi di Jalan Raya Cipayung beberapa waktu lalu, membuat Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Depok, Elly Farida angkat bicara.

Menurut Elly, masalah tawuran pelajar yang terjadi tak bisa dipungkiri dapat terjadi di berbagai wilayah, seperti Depok dan Jakarta. Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAMK) Kota Depok melakukan langkah-langkah preventif dan kuratif dengan cara memberikan pembekalan ke berbagai sekolah.

Baca Juga: Tersangka Tawuran Maut Antar-Pelajar di Depok Terancam 7 Tahun Penjara 

"Kami juga sudah melakukan secara preventif mengunjungi mereka (pelajar di sekolah) dan memberikan pembekalan," kata Elly kepada Okezone, usai mengisi kegiatan Literasi di Balai Kota Depok, Jumat (9/8/2019)

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Istri Wali Kota Depok Idris Abdul Somad ini pun mengaku langkah preventif tersebut tak bisa dilakukan sendiri oleh P2TP2A, namun perlu juga bersinergi dengan berbagai instansi seperti Polresta Depok, BNN dan Pengadilan.

"Kalau preventif dengan cara masuk ke sekolah-sekolah bekerja sama dengan Polres, BNN, Pengadilan dengan memberikan wacana, jangan lho kalian bertemu dengan mereka," jelasnya.

Tak hanya itu, langkah-langkah secara kuratif juga diberikan oleh pihaknya seperti dengan melakukan pertemuan dengan orang tua murid. Di situlah P2TP2A turun langsung memberikan edukasi akan pentingnya peran anak-anak melalui kegiatan yang positif.

Baca Juga: Pelaku Pembacokan Pelajar di Depok Beli Celurit dari Aplikasi Jual Beli Online 

"Langkah kuratif juga kita berikan, kemarin kami mendapatkan apresiasi dari kementerian tentang pertemuan orang tua dengan un-forum anak ini kita jelaskan pentingnya kerja sama peran anak-anak di kegiatan yang positif untuk itu minta dukungan belum lagi peran pola asuh dan lainnya," urainya.

Elly menambahkan, hal itulah yang belum tersentuh secara menyeluruh di wilayah Kota Depok, sehingga aksi tawuran pelajar masih kerap terjadi. Karena biar bagaimana pun keluarga menjadi pondasi penting terhadap tumbuh kembang anak.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini