nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Depok Minta Pelaku Tawuran Pelajar Dihukum Lebih Berat agar Ada Efek Jera

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2089836 warga-depok-minta-pelaku-tawuran-pelajar-dihukum-lebih-berat-agar-ada-efek-jera-65xpiH7CV0.jpg Ilustrasi.

DEPOK - Maraknya tawuran antarpelajar di Depok membuat masyarakat geram, Terlebih tindakan tersebut sudah tergolong anarkis karena mengakibatkan korban tewas, seperti yang menimpa pelajar Kelas 10 SMA Arrahman, MI (16). Korban tewas akibat tawuran yang terjadi di jalan Raya Cipayung beberapa waktu lalu.

Babay (37), warga Cipayung menilai, aksi tawuran tersebut tak mencerminkan seorang pelajar yang terdidik. Menurutnya pihak sekolah dan guru lalai dalam memberikan pendidikan moral.

"Anak sedang mencari identitas diri, seharusnya ini guru tanggung jawab. Dalam memberikan pendidikan moral dan akhlak sepertinya tidak maksimal. kalau kurang maksimal bisa jadi pemicu tawuran," kata dia kepada Okezone, Jumat (9/8/2019).

Menurut dia, selain guru di sekolah, orang tua juga perlu mendidik anak agar tidak salah dalam memilih pergaulan di luar rumah. Terutama dengan memberikan pendidikan agama.

"Kewajiban orang tua memberikan pendidikan prilaku dan ahlak selama 24 jam penuh itu menurut saya sangat perlu," imbuhnya.

Ilustrasi.

Budiarso (47), warga Sukmajaya berpendapat, pelaku tawuran harus berhadapan dengan hukum, apalagi sudah sampai menghilangkan nyawa orang lain. Ketegasan itu menurutnya perlu dilakukan agar memberikan efek jera.

"Harusnya penegak hukum lebih ketat lagi sama para pelaku tawuran, ini murni kriminal karena sudah ada yang meninggal," ujarnya.

MI (16) tewas bersimbah darah dengan luka bacok di tubuh setelah terlibat tawuran antarkelompok di Jalan Raya Cipayung, Gang Puteng, RT 06 RW 10, Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa 6 Agustus 2019, sekira pukul 20.00 WIB.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini