nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondisi Hewan Kurban di Jakarta: 198 Sakit, 10 Cacat dan 349 Tak Cukup Umur

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 15:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2089861 kondisi-hewan-kurban-di-jakarta-198-sakit-10-cacat-dan-349-tak-cukup-umur-gHbQVlcMkj.jpg Ilustrasi hewan kurban (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 88.531 hewan kurban diperjualbelikan di kawasan DKI Jakarta. Dari jumlah itu, tercatat 198 hewan sakit, 10 cacat, dan 349 hewan belum memenuhi syarat disembelih karena faktor usia.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Rismi mengatakan, mencatat seluruh hewan yang tidak sehat itu terdiri dari sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Ia menjelaskan, seluruh hewan kurban yang dijajakan di Ibu Kota berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Hewan yang dijual itu bagus, mereka itu kan datangnya dari daerah ternaknya, karena dalam perjalanan jauh. Jadi, intinya sih pada umumnya ternak yang dijual di ternak itu sehat, kalau sakit itu ada batuk, kena debu mata merah," kata Rismi kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: 2 Sapi Jokowi Disembelih di Yogyakarta

Ilustrasi

Rismi memastikan hewan yang akan disembelih nanti termasuk ke dalam kategori sehat. Terkait penemuan hewan yang sakit, pihaknya telah memberikan suplemen kepada para penjual.

"Mereka penjual udah paham ini ternak untuk kurban ada syarat yang dipenuhi untuk bisa dijadikan ternak kurban salah satunya kesehatan tadi mereka jadi sudah paham. Jadi, ternak yang dikirim sudah sehat kualitas untuk kurban," katanya.

Ia menuturkan, saat hari H penyembelihan kurban nanti akan menerjunkan tim ke setiap masjid untuk memantau hewan yang akan dipotong.

"Kita juga pada saat hari H penyembelihan itu kita juga melakukan. Pemeriksaan antemortem untuk hewan yang akan disembelih kita periksa ulang di masjid-masjid," tuturnya.

Baca Juga: MNC Peduli Terima 168 Hewan Kurban dari Perusahaan Mitra MNC Group

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini