2 Pembobol Kartu Kredit Habiskan Rp1 Miliar untuk Belanja Online

Sarah Hutagaol, Okezone · Jum'at 09 Agustus 2019 16:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2089901 2-pembobol-kartu-kredit-habiskan-rp1-miliar-untuk-belanja-online-yCrfhJUCgW.jpg Polisi tangkap 2 pembobol kartu kredit (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Sebanyak dua tersangka pembobol kartu kredit, Riandi dan Davis ditangkap pihak kepolisian. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa kartu kredit tersebut terhubung ke internet banking.

Akibat pembobolan kartu kredit tersebut, Argo menjelaskan kerugian yang dialami korban mencapai Rp1,12 miliar.

"Berawal dari laporan masyarakat yang mempunyai tabungan di salah satu bank dan merasa tabungannya berkurang. Padahal dia merasa tidak melakukan transaksi apapun," ujar Argo saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).

Setelah ditelusuri, rupanya kartu SIM telefon genggam milik korban yang terhubung dengan internet banking tersebit telah lama mati atau tidak aktif.

Ilustrasi (Foto: Reuters)

Hal itu langsung dimanfaatkan oleh pelaku. Sehingga, untuk membobol internet banking milik korban, kedua tersangka berusaha mengaktifkan kembali kartu SIM tersebut dengan mendatangi provider dari kartu korban.

"Dia berupaya untuk mengaktifkan kartu yang sudah mati itu sehingga internet banking yang sudah mati itu akhirnya hidup kembali dengan atas nama korban. Pelaku pun menggunakan (kartu kredit) untuk pembelian online," terangnya.

Baca Juga: 770 Polisi Siap Amankan Perayaan Idul Adha di Bandung

Argo menyebutkan, peran Riandi adalah mencari data nasabah yang menjadi target pembobolannya. Sementara, Davis berperan sebagai pembuat rekening baru untuk menampung hasil pembobolan rekening dan kartu kredit.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini