nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan PLN Terkait Kabel Listrik Terbakar di Ciputat

Hambali, Okezone · Jum'at 09 Agustus 2019 20:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 338 2090017 penjelasan-pln-terkait-kabel-listrik-terbakar-di-ciputat-3g3N8oBaAA.jpg Kabel listrik terbakar di Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Foto: Hambali)

TANGSEL - PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa terbakarnya kabel di Jalan Raya Bukit Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) beberapa hari lalu, disebabkan timbulnya hawa panas akibat adanya gesekan dengan kabel telematika di area itu.

"Sebagai prosedur keselamatan dalam perbaikan jaringan serta untuk keselamatan masyarakat setempat, aliran listrik ke 5 pelanggan dipadamkan pada saat perbaikan jaringan," ujar Senior Manager General Affairs Tris Yanuarsyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/8/2019).

Peristiwa terbakarnya kabel tegangan rendah milik PLN terjadi pada Selasa 6 Agustus 2019 sekira pukul 21.25 WIB. Sejumlah kabel yang berada dekat tiang listrik depan pertokoan PEC Serua Indah itu memercikkan bunga api, hingga membakar kabel-kabel di lokasi.

Baca Juga: Kabel Listrik di Ciputat Terbakar hingga Menjuntai ke Jalan, Pengendara Berhamburan

Kabel terbakar

Kebakaran pada kabel-kabel itu lantas berdampak pada sambungan arus listrik di daerah sekitar. Pihak PLN lantas mengirim sejumlah teknisi guna memperbaikinya. Demi keamanan, jaringan listrik untuk sementara diputus hingga perbaikan selesai.

Berikut 4 poin klarifikasi PLN terkait kejadian tersebut, yakni;

1. Terbakarnya kabel di Jalan Raya Bukit Serua Ciputat, Selasa 6 Agustus 2019 pukul 21.25 WIB diakibatkan oleh gesekan kabel PLN dengan kabel telematika yang mengakibatkan panas dan terbakarnya kabel tegangan rendah milik PLN.

2. Sebagai prosedur keselamatan dalam perbaikan jaringan serta untuk keselamatan masyarakat setempat, aliran listrik ke 5 pelanggan dipadamkan pada saat perbaikan jaringan.

3. Pada pukul 22.05 WIB, kabel telah diamankan dan jaringan yang terbakar telah selesai diperbaiki sehingga aliran listrik pelanggan dapat dinormalkan kembali.

4. Sebagai langkah mitigasi ke depan, PLN akan berkordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk bersama merapikan kabel telematika ilegal yang membentang di tiang PLN.

Sebelumnya diberitakan, sempat terjadi kepanikan disebabkan percikan api yang meletup dan terlontar hingga beberapa meter dari kabel PLN yang terbakar. Warga dan pengendara yang melintas lantas memilih melarikan diri sambil menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran setempat.

Tak beberapa lama, seunit mobil damkar tiba ke lokasi guna menjinakkan api agar tak meluas ke kabel-kabel lainnya. Ruas jalan di lokasi itu pun ditutup sementara oleh petugas, hingga kondisi dinyatakan telah aman dilalui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini