nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Menabung 2 Pekan, Pelajar di Tangsel Berkurban 3 Sapi dan 80 Kambing

Hambali, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 11 338 2090541 hasil-menabung-2-pekan-pelajar-di-tangsel-berkurban-3-sapi-dan-80-kambing-sVftuuSLPD.jpg Foto: Hambali/Okezone

TANGSEL - Apa yang dilakukan oleh siswa-siswi sekolah Islam Al-Azhar BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ini patut diapresiasi. Mereka kompak menabung setiap hari selama 2 pekan hingga berhasil membeli 3 ekor sapi dan 80 ekor kambing untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Tabungan itu sebenarnya dimulai sejak 20 hari lalu, namun baru efektif selama 2 pekan terakhir. Seluruh siswa dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA mengumpulkan tabungan setiap hari di masing-masing kelasnya lalu dikumpulkan ke pihak sekolah.

Pihak sekolah sejak jauh hari telah membentuk panitia tersendiri yang khusus menyalurkan sumbangan hewan kurban tersebut. Dengan dana yang terkumpul, lantas panitia membelanjakan seluruh tabungan siswa untuk dibelikan sapi dan kambing.

"Total tabungan dari seluruh siswa di sekolah ini kita belikan ekor sapi dan 80 ekor kambing. Itu efektif selama 2 minggu mereka menabung di sekolah," terang Sanu'i, Ketua Panitia Hewan Kurban Sekolah Al-Azhar BSD.

(Foto: Hambali/Okezone)

Dijelaskan Sanu'i, menabung untuk membeli hewan kurban dilakukan para siswa setiap tahunnya. Pihak sekolah pun mendukung sepenuhnya, mengingat upaya itu bisa mendidik dan menanamkan rasa saling berbagi kepada sesama sejak dini.

"Ini sebenarnya suatu upaya yang melatih menumbuhkan kesadaran mereka untuk saling berbagi. Momentumnya pun tepat saat Idul Adha," jelasnya lagi.

Pada Idul Adha tahun ini, pihak sekolah Al Azhar BSD total menghimpun sebanyak 11 sapi dan 158 ekor kambing. Jumlah itu termasuk dengan hewan kurban yang dibeli dari hasil tabungan para siswa.

(Foto: Hambali/Okezone)

"Jadi ada juga pihak orang tua siswa yang membeli hewan kurban lalu menyerahkan ke kita untuk disalurkan," ujarnya.

Hewan-hewan kurban itu dipotong di area belakang sekolah Al-Azhar. Sebagian besar dagingnya disalurkan di lingkungan sekitar sekolah. Sebagian lain, dikirim ke beberapa yayasan, pondok pesantren di wilayah Kota Tangsel.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini