nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PT KAI: Waspada Isu Simpang Siur soal Potongan Harga bagi Lansia hingga Veteran

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 338 2091234 pt-kai-waspada-isu-simpang-siur-soal-potongan-harga-bagi-lansia-hingga-veteran-fC0GsiXWqZ.jpg Suasana di Stasiun Gambir (Foto: Achmad F/Okezone)

JAKARTA - Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, kebijakan baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengenai registrasi reduksi (potongan harga) kepada calon penumpang lanjut usia (lansia), TNI, Polri, LVRI dan wartawan sudah terlaksana sejak 1 Agustus 2019.

Sejak diberlakukannya peraturan registrasi reduksi bagi calon penumpang KA yang berhak dan ingin memanfaatkannya, terlihat animo masyarakat yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari antrean yang menggular panjang di costumer service Stasiun Gambir.

“Padahal sebelumnya melalui seluruh akses infromasi resmi PT KAI Daop 1 Jakarta sudah menginformasikan bahwa registrasi reduksi dapat dilakukan di empat stasiun, yaitu di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bekasi, dengan jam operasional pukul 05.00 s/d. 22.00 WIB,” ujar Eva dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (13/8/2019).

Selain dapat dilakukan di empat stasiun, guna mempermudahkan calon penumpang, registrasi reduksi juga dilaksanakan tanpa batas waktu.

Ilustrasi.

Imbauan agar masyarakat waspada terkait ketentuan registrasi ini dilakukan karena sebelumnya para calon pengguna lansia yang datang mengaku bahwa informasi yang mereka terima melalui pesan berantai dari pihak yang tidak bertanggung jawab mengungkapkan bahwa PT KAI membatasi registrasi reduksi hanya 1 (satu) bulan saja dan hanya dapat dilakukan di Stasiun Gambir. Untuk isu tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan kembali klarifikasi terkait ketentuan registrasi yang sesuai dengan kebijakan resmi manajemen PT KAI (Persero).

“PT KAI Daop 1 Jakarta menegaskan, bahwa pelaksanaan registrasi reduksi bagi calon penumpang lansia, TNI, Polri, LVRI dan wartawan tidak dibatasi waktu. Pelayanan ini akan terus berlangsung, sehingga calon penumpang KA tidak perlu tergesa-gesa,” tegas Eva selaku Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta.

PT KAI Daop 1 (Jakarta) juga menekankan sejumlah ketentuan lain pada registrasi reduksi yang penting diperhatikan diantaranya:

1. Proses registrasi tidak memiliki batas waktu

2. Proses registrasi reduksi tidak hanya dapat dilayani di Stasiun Gambir. Sejumlah Stasiun KA Jarak Jauh lainnya juga dapat mengakomodir proses tersebut seperti Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bekasi.

3. Proses registrasi reduksi dapat diwakilkan dengan membawa identitas asli dan pas foto calon pengguna yang diwakili

Apabila masyarakat ingin mengetahui informasi resmi mengenai kebijakan yang dilakukan PT KAI dapat diperoleh di situs kai.id, media sosial PT KAI dan contact centre KAI: 121.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini