nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satire untuk Wali Kota Depok: Ayo Pasang Bendera Merah Putih, Bukan Lagu di Lampu Merah

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 21:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 338 2092015 satire-untuk-wali-kota-depok-ayo-pasang-bendera-merah-putih-bukan-lagu-di-lampu-merah-34iEcqEziq.jpg

DEPOK - Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, di mana seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada setiap tahunya. Perayaan itu dilakukan dengan memasang bendera Merah Putih dan mengadakan berbagai lomba.

Namun kali ini ada yang beda di Depok, Jawa Barat, sejumlah spanduk sindiran atau satire terhadap Wali Kota Depok Idris Abdul Somad yang justru akan memasang lagu di lampu merah ketimbang mengajak masyarakat memasang bendera Merah Putih.

Tulisan dispanduk itu yakni "Selamat Datang Agustus, Ayo Pasang Bendera Merah Putih, Bukan Pasang Lagu di Lampu Merah,". Di bagian bawah tulisan tersebut, ada peringatan "Yang Berani Copot Spanduk Ini Koruptor".

Foto: @Depok24Jam

Nurdiansyah (36) seorang ojek online mengaku melihat spanduk bertuliskan sindiran tersebut di Jalan Margonda Raya, Perapatan Ramanda dan pertigaan Jalan Siliwangi. Meskipun melihat spanduk namun dia tak mengetahui siapa yang memasang spanduk itu di tepi jalan.

"Kalau sepanduk sindiran buat lampu merah nyanyi saya liat tadi ada dua titik sih liatnya, tapi gak tau siapa yang masang spanduk itu," ucapnya, Rabu (14/8/2019).

Bahkan di bawah spanduk itu bertuliskan peringatan jika yang mencopot berarti koruptor menambahkan kesan, bahwa Kota Depok masih belum bersih dari praktik-praktik korupsi yang dinilai menyengsarakan masyarakat.

Baca Juga: Dikritik soal Pemutaran Lagu di Lampu Merah, Wali Kota Depok: Lebay Sekali

Menurut Nurdiansyah, spanduk itu menjadi kritik bagi Pemkot (Pemerintah Kota) Depok agar bisa mengelola kota lebih baik lagi. Sebab masyarakat menginginkan kerja nyata bukan hanya pencitraan saja.

"Ya kalau ada spanduk kritikan kaya gitu sebaiknya pejabatnya malu ya, karena intinya rakyat mau liat hasil kerjanya saja bukan pencitraan nyanyi di lampu merah," jelasnya.

Sebelumnya, Pemkot Depok mewacanakan pemutaran lagu di sejumlah lampu lalu lintas di Kota Depok saat lampu lalu lintas menyala merah. Kepala Dinas Perhubungan Depok, Dadang Wihana mengatakan, pihaknya akan melakukan uji coba pemutaran lagu di lampu merah itu pada Agustus mendatang. Dia mengemukakan, uji coba akan dilakukan pertigaan Ramanda.

“Pada pertengahan atau akhir Agustus kami melakukan uji coba, itu rencananya ya,” ujar Dadang di Kantor Dinas Perhubungan, Kalimulya, Depok.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini