nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minimarket di Tangerang Disatroni Perampok Berpistol, Uang Rp50 Juta Raib

Hambali, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 02:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 338 2092519 minimarket-di-tangerang-disatroni-perampok-berpistol-uang-rp50-juta-raib-SSKI3EdQ8X.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TANGSEL - Dua pria yang mempersenjatai diri dengan pistol dan golok merampok sebuah minimarket di Jalan Raya Cisauk, Legok, RT02 RW01, Cisauk, Kabupaten Tangerang. Setelah melumpuhkan kasirnya, pelaku leluasa menggasak uang sebanyak Rp50 juta serta beberapa slop rokok.

Perampokan itu terjadi pada Rabu 1 Agustus 2019 pagi, sekira pukul 06.00 WIB. Saat kejadian, pegawai minimarket sedang sibuk berbenah karena baru saja membuka toko. Namun tiba-tiba, datang kedua pelaku dan langsung menodongkan pistol ke arah pegawai tersebut.

Tanpa waktu lama, polisi berhasil meringkus keduanya. Diketahui, pelaku bernama Edo Suhaedi (22) yang merupakan mantan karyawan minimarket, serta Romdon Mardiana (24) yang berpofesi sebagai kuli bangunan.

Baca Juga: Polisi: Korban Perampokan Modus Pecah Ban di Bandung Bukan PNS 

Penangkapan kedua pelaku, dilakukan berdasarkan penelusuran keterangan saksi-saksi serta rekaman Close Circuid Television (CCTV). Meski menggunakan masker dan helm saat beraksi, namun suara Edo yang pernah bekerja di lokasi berhasil dikenali oleh pegawai minimarket.

 Perampok

Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel), AKBP Ferdy Irawan, mengatakan, setelah menakut-nakuti pegawai yang bertugas, kedua pelaku berhasil menggasak uang sebesar Rp50 juta dari brankas toko. Bahkan termasuk juga beberapa slop rokok ikut diambil.

"Tersangka mengambil uang dari brankas, dan beberapa slop rokok," ungkapnya di Mapolres Tangsel, Kamis (15/8/2019).

Ferdy membeberkan kronologi perampokan, kata dia, pelaku beraksi saat pegawai sibuk membuka toko. Keduanya, memasuki minimarket itu menggunakan helm dan masker seolah hendak membeli sesuatu.

"Tiba-tiba tersangka menodongkan senjata itu ke kasir agar membuka brankas. Karena pelakunya ini mantan karyawan di situ, jadi dia tahu di mana letak brankasnya," katanya.

Baca Juga: Tersesat di Jalanan Sambil Main HP, WNA Asal Italia Dirampok 

Dilanjutkannya, berdasarkan keterangan dari pegawai minimarket yang menjadi korban, lantas personel anti-bandit Tim Vipers langsung melakukan olah TKP. Rekaman CCTV turut diperiksa hingga hasilnya mengarah pada ciri-ciri kedua pelaku.

"Rupanya pistol yang digunakan untuk mengancam kasir itu adalah mainan. Saat diamankan, uang hasil kejahatan itu tinggal sekira Rp9 jutaan, karena habis buat belanja dan bayar utang," imbuh Ferdy.

Pihak minimarket sendiri tak menduga jika salah satu pelaku bernama Edo adalah mantan karyawannya sendiri. Semasa masih bekerja, Edo dikenal karyawan yang baik, dan tak pernah berbuat sesuatu yang berimbas pada teguran.

"Ya saya mengetahui pertama kali bahwa perampok itu adalah si Edo, saya tahu dari suaranya walaupun muka tertutup masker," terang Dedi, pegawai minimarket yang sempat ditodong pistol mainan oleh pelaku.

Atas perbuatannya itu, baik Edo maupun Romdon dijerat Pasal 365 ayat 1 dan ayat 2 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Keduanya terancam hukuman maksimal selama 12 tahun kurungan penjara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini